Antisipasi Kesalahan Saat Pilkada 2024, KPU Bali Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Warga Desa Getakan, Klungkung mengikuti Simulasi pemungutan suara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali, VIVA – Warga Desa Getakan, Klungkung mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara, Sabtu, 19 Oktober 2024. Simulasi digelar di Balai Banjar setempat.

Kapolres Minta Anggota Polresta Tangerang Jaga Netralitas Dalam Pilkada Serentak 2024

Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan mengatakan, jumlah warga pemilih sekitar 600 orang, atau sama seperti daftar pemilih tetap.

"Jumlah yang ikut sama seperti DPT asli tapi kita ikutkan pemilih tambahan dari luar. Jadi ketika nanti di hari H, kalau ada pindah memilih atau pemilih baru yang menggunakan KTP, supaya tahu proses yang harus dilakukan," kata Lidartawan.

KPU Gelar Debat Kedua Pilkada Jakarta 27 Oktober di Ancol

Penyortiran surat suara Pilkada 2018. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Simulasi itu digelar seperti kondisi riil saat pemilihan. Sejumlah petugas juga memberikan arahan kepada warga pemilih. Setelah mengambil kartu, mereka juga melakukan pencoblosan di dalam bilik rahasia. 

Egi-Syaiful Dinilai Tampil Meyakinkan di Debat Perdana, Peluang Menangi Pilbup Lamsel Kian Besar

Selanjutnya, kertas yang telah dicoblos dimasukkan ke kotak suara dan warga juga mencelupkan jarinya ke dalam tinta.

Simulasi itu digelar dalam rangka mengantisipasi kesalahan yang bisa saja terjadi saat hari H pencoblosan pada 27 November 2024 nanti. 

Lidartawan mengatakan, teknis penulisan hasil penghitungan harus sesuai dengan metode yang telah ditetapkan sehingga hasil penghitungan nanti sesuai dengan Sirekap.

"Biasanya ada saja kesalahan yang terjadi, seperti orangtua yang salah memasukkan surat suara dan di sini juga dipraktikkan, termasuk pengisian C plano atau C hasil," ujarnya.

Menurut Lidartawan, simulasi juga untuk mengetahui kemampuan petugas PPK dan PPS dalam mengisi C plano. Sehingga, penghitungannya akan balance dengan metode Sirekap yang digunakan.

"Bagaimana menulis angka empat misalnya, cara menulisnya harus terbuka, atau angka tujuh tidak boleh ada harus di tengah seperti umumnya angka tujuh," kata Lidartawan.

"Jangan sampai dalam pengisian C plano ini mereka (petugas PPK/PPK) tidak mengerti, padahal mereka nanti yang akan memberikan bimtek petugas KPPS di lapangan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya