Pesawat SAM Air Jatuh di Gorontalo Tewaskan 4 Orang, Begini Kronologi Lengkapnya!

Pesawat perintis SAM Air yang jatuh di area dekat Bandara Pohuwato, Gorontalo, Ahad 20 Oktober 2024. (Foto:Dok/Kemenhub)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

Gorontalo, VIVA – Insiden jatuhnya pesawat SAM Air PK-SMH di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo mengakibatkan 4 orang tewas. Pesawat perintis itu dilaporkan terbakar dan hancur total.

Bea Cukai Tindak Ratusan Ribu Batang Rokok Polos Senilai Satu Miliar Rupiah di Semarang

Informasi yang berhasil dihimpun, pesawat milik maskapai SAM Air itu awalnya lepas landas dari Bandara Djalaludin Gorontalo pada Minggu 20 Oktober 2024 pukul 07:03 Wita. Perkiraan penerbangan pesawat dengan nomor registrasi PK-SMH (DHC6) itu akan tiba di Bandara Bumi Panua, Pohuwato, pukul 07.33 Wita. Kondisi cuaca saat itu dilaporkan cerah berawan.

Pesawat perintis SAM Air yang jatuh di area dekat Bandara Pohuwato, Gorontalo, Sulawesi Utara, Ahad 20 Oktober 2024. (Foto:Dok/Kemenhub)

Photo :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)
Soal Pertemuan Alex Marwata dengan Eko Darmanto, Direktur Pemeriksaan LHKPN KPK Diperiksa Polisi


Tak lama usai lepas landas, pesawat rute Gorontalo-Pahuwato tersebut dilaporkan hilang kontak pada pukul 07.22 Wita. Selanjutnya, pesawat itu ditemukan jatuh di kawasan tambak milik warga dekat Bandara Bumi Panua, Pohuwato. Kondisi pesawat sudah terbakar pada bagian pilot dan hancur total.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Provinsi Gorontalo, Heriyanto menjelaskan bahwa kabar jatuhnya pesawat perintis itu diketahui sekitar pukul 09.00 Wita. Laporan jatuhnya pesawat SAM AIR tersebut dikabarkan dari Airnav Makassar.

"Informasi dari AIRNAV Makassar bahwa pada pukul 07.03 pesawat SAM Air berangkat dari Bandara Djalaluddin Gorontalo menuju Bandara Panua Pohuwato. Selanjutnya, pesawat hilang kontak terakhir dengan Airnav Makassar dan dilaporkan jatuh di area Bandara Bumi Panua Pohuwato," kata Heriyanto dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu 20 Oktober 2024.

Akibat kejadian itu, tim pencarian dan penyelamatan dan sejumlah tim lainnya bersama warga setempat segera menuju lokasi kecelakaan untuk melakukan evakuasi.

Akibat insiden itu, sebanyak empat orang meninggal dunia. Mereka terdiri dari tiga kru pesawat dan seorang penumpang.
Korban meninggal kemudian dievakuasi ke Puskesmas Motolohu, Pohuwato menggunakan truk personil dan mobil penyelamat tipe I.

Berikut identitas empat korban meninggal dalam kecelakaan pesawat SAM Air:

1. Kapten M. Saefu Rubi
2. Kopilot M. Artur F.G
3. Engineer Budi Janto
4. Penumpang bernama Sri Mayke Male.

Hingga kini, belum diketahui penyebab kecelakaan pesawat SAM Air di Pohuwato, Gorontalo tersebut. Pihak berwenang akan melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kecelakaan pesawat SAM Air. Beberapa hal yang diperiksa termasuk faktor cuaca buruk dan gangguan teknis.

VIVA Militer: Kapten Inf Teddy Indra Wijaya

Mayor Teddy Indra Wijaya Resmi Ditunjuk Sebagai Sekretaris Kabinet, Ini Besaran Gajinya

Dalam pengumumannya di Istana Merdeka, Presiden Prabowo memperkenalkan susunan Kabinet Merah Putih, di mana Mayor Teddy mendapatkan posisi strategis sebagai Seskab.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2024