Momen Haru Wanita 'Kebal Paspampres' Menangis Dipeluk Ajudan saat Lepas Jokowi Pulang ke Solo

Erlin Suastini menangis saat melepas kepulangan Presiden Jokowi ke Solo
Sumber :
  • Antara

Jakarta, VIVA – Publik tentu masih ingat dengan sosok wanita yang kerap mondar-mandir di lingkungan Istana Presiden, bahkan bebas berinteraksi dengan siapapun, termasuk dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat masih menjabat, tanpa dihalangi Paspampres yang dikenal gahar melakukan pengawalan sebagai perisai hidup Presiden.

Ridwan Kamil Mau Temui Jokowi Usai Tak Lagi Jadi Presiden, Untuk Apa?

Wanita itu begitu leluasannya bergerak dan berinteraksi dengan Presiden maupun petinggi negara di Istana tanpa diadang Paspampres maupun ajudan Presiden. Begitu istimewanya wanita tersebut hingga mendapat julukan wanita ‘kebal Paspampres’.

Ya, wanita tersebut adalah Erlin Suastini. Dia adalah  Kepala Biro Pers Media dan Informasi Kedeputian Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden. Dengan jabatannya sebagai petinggi protokoler Istana, sudah barang tentu dekat dengan penghuni Istana.  

Prabowo Tunjuk Sugiono Jadi Menteri Luar Negeri, Anis-Arrmanatha Nasir dan Arif Havas Wamenlu

Namun ada momen menarik saat upacara serah terima jabatan Presiden RI dari Jokowi ke Prabowo Subianto pada Minggu, 20 Oktober 2024. Suasana haru menyelimuti seluruh penghuni Istana, tak terkecuali Erlin Suastini yang selama ini melayani agenda dan keperluan Presiden RI ke-7 Joko Widodo. 

Jokowi Blak-blakan soal Agenda Hari Pertama Usai Tak Menjabat Presiden

Erlin terlihat menangis saat melepas kepergian Jokowi pulang ke Solo, Jawa Tengah. Tak hanya di Istana, Erlin juga ikut mengantarkan Jokowi ke Lanud Halim Perdanakusuma untuk pulang ke kampung halamannya di Solo.

Wanita yang bebas menghampiri Jokowi tanpa dihalau Paspampres itu tampak menangis dipelukan ajudan Jokowi, Kompol Syarif Muhammad Fitriansyah, di Lanud Halim Perdanakusuma.

Momen itu berlangsung saat Jokowi dan Iriana Joko Widodo bersalaman untuk pamit kepada seluruh pengantar menjelang tangga Pesawat TNI AU jenis Boeing B737 A7309 yang membawa mereka ke Solo.

Erlin yang kala itu mengenakan pakaian gelap dan bermasker putih tampak menangis tersedu di dekapan Syarif yang berusaha menguatkannya dengan beberapa kali menepuk pundak Erlin.

Erlin sesekali menutup parasnya menggunakan telapak tangan di saat awak media yang berada di belakangnya menyorot keberangkatan Jokowi ke Solo.

Sosok Erlin Suastini sempat mendadak viral di media sosial, usai wanita berambut panjang hitam itu beberapa kali terekam menghampiri Presiden Jokowi tanpa diadang petugas Paspampres.

Tak seperti biasanya, Paspampres hanya melihat saja, ketika Erlin Suastini mendekati Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto usai pelantikan, mengantar langsung Jokowi dan Iriana ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk kembali ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. 

Tak hanya Presiden Prabowo, sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, Kapolri, Panglima TNI hingga Kepala Staf Angkatan juga turut mengantarkan Jokowi hingga naik pesawat Boeing 737-800 Next Generation (NG) milik TNI Angkatan Udara.

Kepulangan Jokowi ke Solo menandai akhir dari masa jabatannya sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024. Selanjutnya, tongkat estafet kepemimpinan dilanjutkan Presiden Prabowo Subianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya