Prabowo Canangkan Swasembada Pangan dan Energi dalam Waktu Sesingkat-singkatnya

Pidato Presiden Prabowo Subianto di Pelantikan Presiden
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA – Presiden Prabowo Subianto menegaskan, pemerintahnya akan fokus menggenjot target swasembada pangan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Sehingga dapat mengurangi ketergantungan dari luar negeri.

Prabowo Sah Jadi Presiden, Ribuan Warga di Bundaran HI Beri Tepuk Tangan Meriah

Hal tersebut ditegaskan Prabowo dalam pidato pertamanya usai dilantik menjadi Presiden di Gedung DPR dan MPR, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2024.

"Saya canangkan RI swasembada pangan dalam waktu sesingkat2nya kita tidak boleh bergantung dari luar, " tegas Prabowo.

Golkar Belum Bisa Pastikan Berapa Jumlah Kadernya Jadi Menteri

Prabowo menegaskan, swasembada pangan penting segera dicapai guna memastikan ketahanan RI tetap terjaga dalam menghadapi segala krisis hingga gejolak yang terjadi di dunia.

Presiden RI Prabowo Subianto.

Photo :
  • YouTube tvOne
MPR Harap Presiden Prabowo Terus Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

"Dalam keadaan krisis dan genting tidak ada yang akan mengizinkan barang mereka masuk, karena itu tidak ada jalan lain swasembada pangan dalam waktu sesingkat-singkatnya," ujarnya.

"Kita harus mampu produksi dan memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat indonesia, saya sudah pelajari dengan pengamat, paling cepat 4-5 tahun kita sudah capai (swasembada), bahkan kita siap jadi lumbung pangan dunia," ujarnya.

Tak hanya pangan, dia pun menegaskan bahwa swasembada energi menjadi target utama lainnya dalam pemerintahannya. Hal itu pun diyakininya mampu untuk segera dicapai Indonesia.

Pidato Presiden Prabowo Subianto di Pelantikan Presiden

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Optimisme tersebut ungkap Prabowo didukung oleh berbagai sumber daya alam (SDA) yang Indonesia miliki. Karena itu, Pemerintahan Prabowo juga akan mengakselerasi swasembada tersebut.

"Kita diberi karunia besar. Tanaman-tanaman seperti kelapa sawit bisa hasilkan solar dan bensin, singkong tebu dan  jagung. Kita juga punya geotermal, batu bara yang banyak," ungkapnya.

"Pemerintah yang akan saya pimpin nanti akan fokus swasembada energi," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya