Kata Densus 88 Soal Temuan 5 Bom Rakitan di Kebun Warga Poso

Juru Bicara Densus 88 Anti-teror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta, VIVA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri memastikan bom rakitan yang ditemukan di Dusun Tolana, Desa Toini, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, tak terkait dengan aksi teror.

Brimob Amankan 5 Bom Rakitan di Kebun Warga Poso, Ini Penampakannya

"Temuan ini tidak terkait aksi teror atau kelompok teror tertentu," ucap Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri, Komisaris Besar Polisi Aswin Siregar, Jumat, 18 Oktober 2024.

Meski begitu, dia belum bicara lebih jauh lagi soal penemuan bom rakitan ini. Adapun benda itu sudah dievakuasi dari lokasi.

Pesawat Air India Express Diteror Bom, Singapura Kerahkan Jet Tempur F-15

Jubir Densus 88 Anti-teror Polri Kombes Pol Aswin Siregar (kanan)

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Sebelumnya diberitakan, warga Dusun Tolana, Desa Toini, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dikejutkan oleh penemuan benda mencurigakan yang diduga sebagai bom rakitan.

AS Bocorkan Jenis Bom yang Digunakan Israel untuk Bunuh Pemimpin Hizbullah

Benda diduga bom rakitan ini pertama kali ditemukan warga bernama Amirudin, ketika sedang membersihkan kebunnya dan secara tidak sengaja menghantam benda keras dengan parangnya.

Setelah diperiksa, benda tersebut ternyata adalah ember plastik berisi lima benda berbentuk pipa besi dengan sumbu di bagian atas, yang diduga kuat merupakan bom lontong. Atas penemuan itu, ia melaporkan ke aparat.

Menindaklanjuti laporan warga, Unit Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Satbrimob Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) segera diterjunkan ke lokasi bersama dengan Babinsa Toini dan anggota Polsek Poso Pesisir.

VIVA Militer: Milisi Hizbullah Lebanon

Langgar Hukum Internasional, Hizbullah Sebut Israel Sengaja Gunakan 'Bom Cluster'

Kelompok Hizbullah mengklaim bahwa Israel meluncurkan roket berisi "bom cluster" pada hari Selasa, 15 Oktober 2024. Roket tersebut diketahui menargetkan tiga lokasi di Le

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2024