Antisipasi Demo saat Pelantikan Prabowo-Gibran, Polri Lakukan Ini

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengungkap, pihaknya bakal mengantisipasi hal-hal yang bisa mengganggu jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Momen Prabowo Berikan Potongan Tumpeng ke Sjafrie Sjamsoeddin, Langsung Dibalas Hormat

Salah satu hal yang diantisipasi adalah terkait adanya kegiatan aksi unjuk rasa dari kelompok yang bisa mengganggu jalannya pelantikan. Caranya, Polri bakal mengerahkan delapan satuan tugas (satgas).

"Tentu yang harus kita antisipasi adanya potensi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan tentunya ada yang ikut bergabung dalam menyambut rencana pelantikan termasuk mungkin mendoakan. Di sisi lain juga ada kelompok-kelompok yang kita pantau yang akan melaksanakan kegiatan aksi," kata dia, Jumat, 18 Oktober 2024.

Usai Dilantik: 22 Oktober Prabowo Pimpin Sidang Kabinet Perdana, Lanjut Pembekalan di Magelang

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini menambahkan, nantinya sebanyak 15 ribu anggota Korps Bhayangkara bakal disiagakan guna mengawal jalannya kegiatan pelantikan sampai rampung. Mereka disebar pada sejumlah titik.

Jelang Purna Tugas, Ridwan Kamil Ungkap Momen Mengharukan Dengan Presiden Jokowi

Bukan cuma pengamanan area, pria yang pernah jadi Kapolda Banten ini menambahkan, pihaknya pun sudah menyiapkan skema pengamanan rute yang bakal dilalui para pejabat negara. Rekayasa lalu lintas juga telah dibuat.

"Oleh karena itu, kami dengan Panglima TNI akan terus bekerja untuk memitigasi, meminimalisir dan juga terkait dengan rencana pelantikan," kata dia.

Prabowo dan Megawati

Belum Bertemu Prabowo, Megawati Hadiri Sidang Promosi Doktoral Hasto PDIP

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto akan menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor di Balai Sidang Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Bara

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2024