Jokowi Pulang Kampung Usai Lengser, Pemkot Solo Sibuk Siapkan Acara Penyambutan

Pjs Wali Kota Solo Dhoni Widianto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berbenah menyambut kepulangan Presiden RI ke-7 Joko Widodo atau Jokowi pada Minggu, 20 Oktober 2024. Jokowi dan Iriana akan memutuskan untuk pulang kampung ke Solo usai pelantikan Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto dan wakilnya Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi Teken Perpres Pembentukan Kortastipidkor Polri, Dipimpin Jenderal Bintang Dua

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Solo Dhoni Widianto mengatakan penyambutan kepulangan Jokowi ke kediaman pribadinya usai purnatugas sebagai RI-1 melibatkan beberapa pemerintah daerah atau pemda. Dalam hal ini, ada tiga pemda yakni Boyolali, Karanganyar dan Solo yang berkoordinasi. 
Namun, untuk Solo nanti akan ada penyambutan yang dilakukan Pemkot Solo.

“Penyambutan ada ya sebagai bentuk penghormatan kepada beliau. Nanti mengucapkan terima kasih aja sih dengan baliho dan videotron. Kemudian, ada prosesi sederhana di kediaman Sumber,” kata Dhoni melalui sambungan telepon, Kamis, 17 Oktober 2024.

Jokowi Teken Perubahan UU Kementerian Negara, Begini Isinya

Presiden Jokowi bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto

Photo :
  • Setpres

Tapi, menurut dia, untuk rangkaian prosesi acara penyambutan itu masih menunggu konfirmasi dari pihak protokol istana. Rencananya prosesi di kediaman pribadi hanya seperti acara pasrah tinampi saat Jokowi pulang di rumah pribadinya di Jalan Kutai Utara No 1, Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Eks Menteri Pelaku Tindak Pidana Tak Berhak Dapat Jaminan Kesehatan dari Negara

“Jadi, nanti ada pasrah tinampi. Jadi, ada memasrahkan dan ada yang menerima. Mungkin nanti pakai tradisi Jawa untuk prosesi (pasrah tinampi),” ujar dia.

Menurut Dhoni, Jokowi rencananya akan mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 16.00 WIB. Tetapi untuk kepastiannya masih menunggu informasi dari protokol Istana Jakarta. 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi memberikan keterangan pers di Istana Wapres, Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2024.

Ma'ruf Amin Akui Sudah Tidak Tempati Rumah Dinas Menjelang Purnatugas sebagai Wapres

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa dia sudah tidak lagi menempati rumah dinasnya yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, menjelang purnatugas.

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2024