Pilkada Serentak 2024, Kapolda Papua Sarankan Pemindahan TPS di Daerah Rawan KKB

Ilustrasi kesiapan TPS Jelang Pilkada Depok
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jayapura, VIVA - Kapolda Papua, Irjen Polisi Patrige Renwarin meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengusulkan kepada KPU setempat agar memindahkan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di daerah rawan gangguan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Pilkada 2024.

Janji Airin Ubah Status Banten sebagai Provinsi Paling Tidak Bahagia di RI

"Untuk wilayah yang TPS-nya rawan gangguan keamanan, kami berharap agar Pemda mengusulkan ke KPU untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman," kata Patrige Renwarin dilansir Antara pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Ilustrasi TPS Tema Kesehatan di Pilkada Depok

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Relawan Anies Dukung Pramono Anung di Pilgub Jakarta, RK Singgung Realita dan Hasil Survei

Kata dia, dari 29 kabupaten dan kota yang tersebar di empat provinsi itu tercatat ada 16 kabupaten di antaranya rawan gangguan keamanan. 

Menurut dia, 16 kabupaten itu tersebar di dua provinsi yakni Papua Pegunungan dan Papua Tengah. “Masing-masing delapan kabupaten,” ucapnya.

Debat Pilgub Banten, Andra Soni Banggakan 8 Programnya: Tak Boleh Lagi Ada Daerah yang Terabaikan

Patrige menyebut untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada, maka Polda Papua akan mengerahkan tiga personel Polri di TPS yang dinilai rawan gangguan KKB. Adapun, wilayah hukum Polda Papua meliputi Provinsi Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan. 

"Polda Papua sendiri telah mengerahkan 10.000 personel untuk mengamankan pelaksanaan pilkada," jelas dia.

Selain menugaskan personel baik jajaran Polda Papua maupun Polres, Patrige mengatakan pihaknya juga sudah meminta bantuan kepada Mabes Polri untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

"Kami telah meminta tambahan kekuatan dari Mabes Polri sebanyak 1.000 personel untuk membantu pengamanan pelaksanaan pilkada di Tanah Papua namun belum diketahui berapa banyak yang akan diperbantukan," pungkasnya.(Ant)

Airin Rachmi Diany.

Debat Perdana, Airin Soroti Banten Belum Punya RS Jiwa hingga Mental Health Warga

Debat perdana mengangkat tema peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan akselerasi pembangunan berkeadilan di Provinsi Banten.

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2024