Gunung Lewotobi Laki-Laki Meletus, Abu Vulkanik hingga Lava Pijar Menyembur 1 Km dari Puncak

Gunung Lewotobi Laki-Laki.
Sumber :
  • Antara.

Flores Timur, VIVA – Gunung Lewotobi Laki-Laki meletus hingga menyemburkan abu vulkanik dan pijaran api setinggi lebih kurang 1 kilometer dari atas puncaknya pada Rabu pukul 22.23 WIT. Gunung tersebut diketahui berada di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Sabtu Pagi, Gunung Semeru di Jatim Sudah Tujuh Kali Erupsi

Kepala Badan Geologi M Wafid melaporkan, aktivitas letusan tersebut teramati dengan jelas oleh petugas di pos pengamatan Gunung Lewotobi Laki-Laki. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut.

“Petugas pos pengamatan mendapati aktivitas letusan terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 9.6 mm dan durasi lebih kurang 6 menit 18 detik,” ujar Wafid dikutip dari keterangannya, Rabu Malam, 16 Oktober 2024.

Gunung Ibu Halmahera Barat Alami Erupsi Belasan Kali

Visual sinar api dari kawah utama Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu malam, 10 Januari 2024.

Photo :
  • ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

Diketahui, Badan Geologi masih menetapkan status Gunung Lewotobi Laki-Laki pada Level III atau Siaga berdasarkan hasil analisa atas fenomena erupsi yang masih terjadi tersebut.

Gunung Semeru 2 Kali Erupsi Pagi Ini, Kolom Abbu Meletus 500 Merter dari Puncak

Oleh karena itu, masyarakat dan wisatawan diminta tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi, serta 4 kilometer pada arah barat laut utara dan selatan-tenggara dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung berupa masker dan kaca mata.

Visual sinar api dari kawah utama Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT

Photo :
  • ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sebagai informasi, Gunung Lewotobi yang memiliki ketinggian 1.584 meter di atas permukaan laut tersebut adalah gunung berapi kembar terletak di bagian tenggara Pulau Flores dan terdiri atas dua puncak. Yaitu, Gunung Lewotobi Laki-Laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.

Desa Klatanlo, Hokeng Jaya, Persiapan Padang Pasir, Nawokote, Persiapan Nawokote B, Pululera, Boru, dan Boru Kedang merupakan desa terdekat yang rawan terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, sehingga selalu dalam penanganan kebencanaan dari pemerintah daerah setempat. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya