BMH Salurkan Beras untuk Santri Ponpes Darul Ikhwan di Serang, Banten

BMH Salurkan beras.
Sumber :
  • Istimewa

Banten, VIVA – Pada Selasa, 15 Oktober 2024, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) melaksanakan program Sedekah Beras untuk Pondok Pesantren Darul Ikhwan di Lingkungan Ciemas, Kelurahan Tinggar, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten. 

Pengurus Ponpes yang Dibakar Santrinya Meninggal di Rumah Sakit Medan

Bantuan itu disambut dengan syukur oleh santri dan pengurus pondok yang selama ini menghadapi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Pondok Pesantren Darul Ikhwan, yang berfokus pada pendidikan agama melalui kitab kuning dan hafalan Al-Quran, menampung santri dari kalangan dhuafa. Tanpa memungut biaya, pondok ini mengandalkan dukungan dari donatur untuk memenuhi kebutuhan pokok. Selama ini, para santri sering kekurangan beras, bahkan harus mencari upah panen di sawah agar bisa memperoleh bahan pangan.

Kunjungan Imam Besar Masjid Nabawi di Ponpes Darunnajah: Saya Kagum

Ustadz Misri, pimpinan pesantren, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan beras dari BMH. “

"Alhamdulillah, terima kasih kepada para donatur Laznas BMH. Semoga sedekah beras ini menjadi amal jariyah yang berlimpah pahala,” ujarnya. Salah satu santri, Muhammad Maulana, juga menyampaikan kebahagiaannya. “Kami kini tidak perlu khawatir kehabisan beras. Orang tua pun bisa tenang karena di rumah mereka juga sedang kesulitan,” tuturnya dengan senyum. 

Wasiat Terakhir KH Asmuni sebelum Meninggal Dunia di Tengah Ceramah

Roni Hayani, Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Banten, menegaskan bahwa program ini bertujuan untuk meringankan beban santri dan memastikan mereka bisa terus belajar tanpa khawatir soal makanan.

Bantuan beras ini bukan sekadar langkah karitatif untuk memenuhi kebutuhan hari ini, melainkan anak tangga yang mengantarkan para santri menuju masa depan yang lebih cerah. 

"Dengan pangan yang cukup, para santri dapat fokus belajar dan mengembangkan diri, tumbuh menjadi generasi unggul yang siap berkontribusi bagi bangsa. Saat mereka berhasil dan memberikan dampak positif di masyarakat, akan semakin jelas bahwa zakat, infak, dan sedekah memainkan peran vital dalam pembangunan manusia yang berkelanjutan," tutup Roni.

Peluncuran pilot project Ekosistem Pondok Pesantren Inklusif Keuangan Syariah (dok: OJK)

Dongkrak Inklusi Keuangan Syariah di Pesantren, OJK Luncurkan Pilot Project EPIKS

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan pilot project Ekosistem Pondok Pesantren Inklusif Keuangan Syariah (EPIKS).

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2024