KPU Maluku Utara Tunggu Usulan Pengganti Cagub Benny Laos yang Meninggal saat Kampanye

Speedboat rombongan Calon Gubernur Maluku Utara nomor urut 4, Benny Laos.
Sumber :
  • Antara.

Ternate, VIVA – KPU Provinsi Maluku Utara (Malut) menunggu usulan pengganti Calon Gubernur (Cagub) Benny Laos yang meninggal dunia saat kampanye di Kabupaten Pulau Taliabu. 

Standar Premier League Sekarang Dinilai Gila

Komisioner KPU Malut, Reni Sarifuddin Banjar, menjelaskan bahwa mereka akan menunggu koalisi partai politik pengusul pasangan Benny Laos-Sarbin Sehe untuk memberikan pemberitahuan resmi tentang kematian calon dengan disertai akta kematian. Pemberitahuan ini diperlukan untuk proses penggantian pasangan calon nomor urut 4.

"Kami telah menggelar rapat pleno terkait meninggalnya Cagub Benny Laos. Sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024, ada ketentuan untuk pergantian calon jika terjadi halangan tetap seperti meninggal dunia," kata Reni kepada ANTARA, Minggu (13/10/2024). 

Hizbullah Tembakkan 320 Roket ke Israel Saat Perayaan Hari Suci Yahudi

Pasangan Calon Gubernur Maluku Utara, nomor urut 4 Benny Laos – Sarbin Sehe

Photo :
  • ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)

Proses penggantian akan dilakukan berdasarkan usulan partai politik, apakah Sarbin Sehe diusulkan menjadi Cagub atau calon lain. KPU akan memeriksa dan meneliti semua dokumen yang diperlukan untuk calon pengganti sebelum mengonsultasikannya dengan KPU-RI.

FBR Dukung Pramono Anung-Rano Karno di Pilgub Jakarta 2024

Setelah menerima pemberitahuan resmi, partai politik atau koalisi memiliki waktu hingga 27 Oktober 2024 untuk mengusulkan pergantian calon gubernur. 

Komisioner KPU Maluku Utara, Reni Sarifuddin Banjar

Photo :
  • ANTARA/Abdul Fatah

Diketahui, KPU Malut telah menetapkan empat pasangan calon untuk kontestasi pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Malut, termasuk pasangan nomor urut 4, Benny Laos-Sarbin Sehe. Benny Laos meninggal dunia dalam insiden kebakaran speedboat yang mengakibatkan enam orang meninggal dunia saat bertugas di Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, pada Sabtu (12/10/2024). (ANTARA)

Anies Baswedan

Anies Bakal Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Sejauh ini belum ada undangan yang diterima terkait pelantikan 20 Oktober. Jika undangan sudah diterima, seperti halnya penetapan oleh KPU kemarin, Pak Anies akan hadir.

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2024