Ribuan Kader TP PKK dan Posyandu Lakukan Gerak Bersama Ciptakan Semangat Sehat dan Bahagia

Bergerak Bersama Kader Posyandu 2024
Sumber :
  • Kemendagri

VIVA – Ribuan Kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di wilayah DKI Jakarta dan Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan “Bergerak Bersama Kader Posyandu 2024” dengan tema “Semangat, Sehat, Bahagia” di Pantai Festival, Ancol, Jakarta, Sabtu (12/10/2024).

Kemendagri: Desa Garda Terdepan Layani Masyarakat

Dalam sambutannya, Ketua Umum (Ketum) TP PKK sekaligus Ketum Pembina Posyandu Tri Tito Karnavian mengungkapkan rasa syukurnya karena dapat berkumpul dalam acara tersebut. Dia menyampaikan, acara ini bukan sekadar ajang berkumpul untuk berjalan kaki sejauh 2,5 kilometer, melainkan sebagai kesempatan bagi seluruh peserta untuk bergerak bersama, menggerakkan tubuh, dan menyegarkan diri di pagi hari.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut bersama dalam melaksanakan acara hari ini, yaitu pertama dari PKK Pusat, serta kerja sama dengan tim penggerak PKK daerah se-Jakarta, serta juga dari Provinsi Jawa Barat khususnya Kabupaten Bogor,” katanya.

10 Tahun ULA Kemendagri, Plt. Sekjen Ingatkan Pentingnya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Tri juga menyampaikan rasa bangganya melihat semangat para kader PKK dan Posyandu yang hadir. Menurutnya, semangat itu mencerminkan dedikasi mereka dalam menjalankan tugas-tugas penting, mulai dari meningkatkan kesejahteraan hingga menjaga kesehatan masyarakat. Dia menyebut tugas-tugas ini sebagai tanggung jawab yang mulia.

“Saya sangat berbahagia, bahwa saya melihat sendiri betapa semangatnya kader PKK dan Posyandu. Bersama-sama kita bergerak menjalankan tugas kita sebagai kader PKK dan Posyandu untuk kesejahteraan masyarakat dan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Mendagri Apresiasi Kinerja Biro Hukum dalam Menyusun Kebijakan yang Berdampak Luas

Dia berharap, kekompakan yang terjalin melalui kegiatan ini terus berlanjut dan berkembang dalam berbagai kegiatan lain yang lebih luas. Ia menekankan, kolaborasi antara PKK dan Posyandu penting untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan, serta berperan aktif dalam mendukung program-program pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan-kegiatan PKK dan Posyandu akan dilanjutkan untuk lebih baik lagi, karena kita sudah melihat hasil selama periode yang lalu. Evaluasi sangat memuaskan karena masyarakat banyak mendapatkan manfaat dari para kader PKK dan Posyandu yang terjun langsung melaksanakan masalah-masalah yang ada di masyarakat kita,” ungkapnya.

Tak hanya melakukan kegiatan jalan santai, jajaran pengurus TP PKK pusat dalam kegiatan ini juga memberikan sembako kepada masyarakat yang disalurkan melalui TP PKK yang ada di daerah. Kabupaten penerima sembako tersebut di antaranya seperti Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Kabupaten Nunukan.

Selain itu, kegiatan Bergerak Bersama Kader Posyandu 2024 ini turut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sekaligus Ketua Pembina TP PKK Muhammad Tito Karnavian yang membuka start pelaksanaan jalan santai. Acara dihadiri pula oleh Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pj. Bupati Bogor Bachril Bahri, serta Pj. Ketua TP PKK sekaligus Ketua Pembina Posyandu Provinsi DKI Jakarta Mirdiyanti.

Posyandu di DKI Jakarta mulai menerapkan SPM

Tri Tito Karnavian Luncurkan Percontohan Posyandu dengan 6 Bidang SPM di Jakarta

Posyandu sebagai pos pelayanan terpadu diharapkan tidak hanya melayani bidang kesehatan masyarakat, tetapi juga meliputi bidang lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
11 Oktober 2024