Program Hilirisasi Diminta Berpihak kepada Petani

Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Petani Kelapa Indonesia (DPW APKI) Provinsi Jawa Tengah, di kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah (Doc: Istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jawa Tengah, VIVA – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Petani Kelapa Indonesia (DPN APKI), Soeprihadiono menekankan pentingnya program hilirisasi komoditas kelapa, yang harus tetap berjalan baik dan saling menguntungkan bagi para petani.

Petani di Minahasa Selatan Yakin Elly Lasut Bakal Mampu Memajukan Sektor Agrikultur

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Petani Kelapa Indonesia (DPW APKI) Provinsi Jawa Tengah, di kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah.

“Untuk program-program yang tadi telah diputuskan melalui Muswil, pertama dalam rangka menunjang dan mendukung program hilirisasi, petani kelapa yang tergabung dalam APKI menginginkan bahwa hilirisasi ini berjalan dengan baik dan saling menguntungkan,” katanya melalui keterangan pada Jumat, 11 Oktober 2024.

Hilirsasi Nikel Bisa Bikin RI Kuasai Pasar EV Global, Sejumlah Negara Kebakaran Jenggot

Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Petani Kelapa Indonesia (DPW APKI) Provinsi Jawa Tengah, di kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah (Doc: Istimewa)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Selain itu, Soeprihadiono menginginkan posisi petani kelapa yang sejajar dengan para pengusaha. Ia tak ingin para petani hanya menjadi penonton saja dalam program hilirisasi.

Apa Itu Hilirisasi? Pengertian dan Apa Saja Contohnya di Indonesia?

“Posisi petani harus setara dan sejajar dengan pengusaha dalam rangka menunjang hilirisasi. Tujuannya agar petani memiliki nilai tawar yang tinggi, sebab selama ini posisinya masih lemah dalam urusan perdagangan,” ujarnya.

Sementara Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma Ditjenbun Kementerian Pertanian RI, Ardi Praptono yang diwakili oleh Kepala Divisi Tanaman Kelapa, Agus Listyo menyatakan pihaknya siap mendukung APKI ke depan.

“Semoga APKI semakin maju ke depan dan kami Ditjenbun (Direktorat Perkebunan) siap mendukung," tuturnya.

Staf Ahli APKI, Insaf Prabancana mengatakan saat ini APKI tengah menyusun berbagai program strategis guna mendukung hilirisasi sektor kelapa. Menurut pria yang akrab disapa Bram ini, program hilirisasi dapat memberikan nilai tambah serta meningkatkan kesejahteraan para petani kelapa nasional.

"Apalagi komoditas kelapa ini memiliki berbagai manfaat, mulai dari hulu sampai ke hilir," tuturnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut, Soeprihadiono melantik Ruslan sebagai Ketua DPW APKI Jawa Tengah periode 2024-2024.

Kegiatan Muswil ini juga difasilitasi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah, Supriyanto serta dihadiri oleh kepala dinas pertanian dan pengurus APKI se-Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya