Viral! Beruang Madu Datang ke Pemukiman Lantaran Aroma Sampah

Penampakan beruang madu di pemukiman warga di sekitar TNBBS Lampung Barat
Sumber :
  • istimewa/Pujiansyah

Lampung Barat, VIVA –Warga sekitar hutan lindung di Lampung Barat dikejutkan oleh kemunculan seekor beruang madu yang berkeliaran di tepi hutan marga dan mendekati pemukiman. Penyebabnya? Aroma menggoda dari tumpukan sampah.

Sniper hingga Pawang Dikerahkan untuk Buru Harimau yang Tewaskan 2 Warga di Lampung

Balai Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) mengungkapkan bahwa beruang tersebut terlihat mencari makanan di tempat sampah yang terletak sekitar 600 meter dari hutan lindung. Kepala Bidang Teknis dan Konservasi TNBBS, Wawan, menjelaskan bahwa beruang ini tertarik pada bau amis sisa makanan, terutama sterofoam bekas ikan yang dibuang sembarangan.

“Karena habitat alaminya terganggu, beruang ini terpaksa mencari makanan di tempat sampah,” ujar Wawan, Kamis (12/10/2024).

Pasca Warga Bakar Kantor TNBBS di Lampung Barat, Kini Kondusif

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah Astutik

Photo :
  • tvOne/Pujiansyah

Meskipun beruang madu adalah hewan omnivora yang dapat menemukan makanan berlimpah di hutan, seperti buah-buahan dan serangga, kemudahan mendapatkan makanan di tempat sampah membuatnya terbiasa mendekati pemukiman. Wawan menekankan bahwa beruang madu seharusnya bisa mendapatkan cukup makanan di alam.

Harimau Teror dan Serang Manusia, Kantor TNBBS di Lampung Barat Dibakar Warga

Untuk mencegah kemunculan beruang di kawasan pemukiman, TNBBS terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Wawan juga mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam membuang sampah.

“Hindari membuang sampah sembarangan, terutama yang berbau tajam,” tegasnya.

Kombes Pol Umi Fadilah, Kabid Humas Polda Lampung, juga mengingatkan masyarakat untuk segera melaporkan jika beruang tersebut terlihat lagi dan untuk selalu berhati-hati. (Pujiansyah/Lampung)

Erupsi Kawah Nirwana yang berada di Kecamatan Suoh Lampung Barat

Kawah Nirwana di Lampung Barat Erupsi, Muntahkan Pasir hingga Dentuman Keras

Kawah Keramikan atau yang lebih dikenal kawah Nirwana mengalami erupsi sebanyak 3 kali pada Jumat 24 Mei 2024 pagi sekitar pukul 08.30 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 Mei 2024