Pastikan Program Makan Bergizi untuk Lansia Tepat Sasaran, Gus Mensos Kunjungi Semarang

Mensos Gus Ipul kunjungan ke Kabupaten Semarang
Sumber :
  • Kemensos

VIVA – Menteri Sosial Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melakukan kunjungan ke Kabupaten Semarang untuk memastikan beberapa program kementerian tepat sasaran. Salah satunya program permakanan atau pemberian bantuan makan bergizi kepada Lansia.

Bantuan PIP 2024 Telah Disalurkan kepada 9,7 Juta Siswa Jenjang SD Hingga SMA/SMK

“Kita sengaja ke Semarang sekaligus minta masukan saran dari para penerima manfaat,” kata Gus Ipul di hadapan puluhan penerima manfaat di Balai Desa Karanganyar, Tuntang, Kabupaten Semarang, Kamis (10/10).

Anak Usia 6-21 Tahun Bisa Dapat Bansos PKH, Cek Syarat dan Jumlahnya!

Di Balai Desa, selain minta masukkan dari warga, Gus Ipul juga menyerahkan beragam bantuan Kementerian Sosial, di antaranya bantuan Atensi kepada kelompok rentan, alat bantu disabilitas, dan kewirausahaan.

Usai dari Balai Desa, Gus Mensos melanjutkan kunjungannya ke Sekolah Dasar Karanganyar, dilanjutkan ke salah satu kelompok masyarakat (Pokmas) yang menyelenggarakan pemberian makan bergizi gratis kepada lansia.

Viral Video Ibu Hamil Terima Sembako Tanpa Telur, Suami Klarifikasi dan Minta Maaf

“Di sini kami menyediakan makanan bergizi untuk 43 lansia,” kata Suratih, petugas masak Pokmas Kecamatan Tuntang.

Dalam sehari, mereka memberi makan 43 lansia pagi dan sore. Makanan tersebut di antarkan oleh kurir khusus yang telah dibiayai Kementerian Sosial.

“Setahun kami dapat Rp40an juta dari Kemensos untuk menyediakan makanan bergizi bagi lansia di sekitar sini. Termasuk juga untuk honor kurir,” ujarnya.

Tak hanya menyapa petugas Pokmas, Gus Mensos juga mengunjungi rumah disabilitas penerima makan bergizi gratis.

Di rumah ini, Gus Mensos juga memberikan beberapa bantuan di antaranya peralatan dapur, hewan ternak, peralatan tidur, alat kebersihan diri, peralatan sekolah, nutrisi serta aneka bantuan lainnya.

Sementara itu, khusus Kabupaten Semarang, Kementerian Sosial memberikan bantuan sebesar Rp105 miliar.

Bantuan itu berupa sembako Rp22,8 miliar; Program Keluarga Harapan (PKH) Rp71,3 miliar;  dan permakanan atau makanan bergizi untuk Lansia tunggal Rp6,2 miliar. Ada juga bantuan untuk permakanan disabilitas Rp2,5 miliar dan bantuan YAPI Rp1,8 miliar.

Selain itu juga bantuan Atensi kelompok rentan Rp155.500.000; bantuan Atensi kluster lainnya dari Sentra Rp183.200.000; serta bantuan 3 Unit traktor tangan Rp60.000.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya