Rafi Ditemukan Tewas Terjatuh di Gunung Rinjani

Tim SAR gabungan berhasil mendeteksi jasad pendaki yang jatuh di Gunung Rinjani menggunakan drone thermal (SAR Mataram)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Zulfikar (Mataram)

Lombok, VIVA – Setelah dilaporkan hilang sejak Minggu, 29 September 2024, pendaki asal Jakarta, Kaifat Rafi Mubarok (16) ditemukan tewas di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa, 8 Oktober 2024.

6 Hektare Lahan di Kawasan Gunung Rinjani Terbakar

Tim SAR gabungan yang terus melakukan pencarian sejak korban dilaporkan terjatuh di sebuah jurang, berhasil mendeteksi jasad korban menggunakan drone thermal.

Jasad korban ditemukan ratusan meter dari lokasi korban dilaporkan terjatuh pertama kali oleh rekannya sesama pendaki.

Gunakan Drone di Gunung Rinjani Kini Dikenai Tarif Rp 10 Juta

“(Ditemukan) ratusan meter dari lokasi yang ditentukan oleh saksi mata, yaitu teman korban,” kata Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi.

Tim SAR gabungan berhasil mendeteksi jasad pendaki yang jatuh di Gunung Rinjani menggunakan drone thermal (SAR Mataram)

Photo :
  • VIVA.co.id/Satria Zulfikar (Mataram)
Basarnas: Tak Ada Pungutan Biaya untuk Evakuasi Joeraimi di Pantai Cemara

Hingga saat ini Tim SAR tengah mempersiapkan proses evakuasi terhadap jasad korban, mengingat medan yang cukup menyulitkan untuk proses evakuasi.

“Proses evakuasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama, mengingat medan yang sangat terjal dan kondisi cuaca yang tidak menentu,” ujarnya.

Sebelumnya, pencarian terhadap korban telah diperpanjang tiga hari setelah upaya pencarian selama sepekan tidak membuahkan hasil.

Tim SAR gabungan terus berupaya maksimal dengan mengerahkan berbagai peralatan, termasuk drone thermal untuk mempercepat proses pencarian.

Dalam catatan media ini, beberapa pekan terakhir telah terjadi beberapa kejadian pendaki jatuh dan hilang di Gunung Rinjani. Sebelumnya turis asal Rusia hilang di Gunung Rinjani dan belum ditemukan. Pekan kemarin juga terjadi insiden seorang turis asal Rusia yang terjatuh di Gunungt Rinjani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya