Jokowi Pastikan Transisi Pemerintahan Berjalan Baik: Enggak Ada Masalah

Presiden Jokowi bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto
Sumber :
  • Setpres

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan persiapan transisi pemerintah sudah berjalan baik. Diketahui Jokowi bakal lengser pada 20 Oktober 2024 mendatang dan diganti Prabowo Subianto selaku Presiden Terpilih.

Momen 8 Prajurit Kopassus Meluncur dari Tugu Monas dengan Posisi Kepala di Bawah, Jokowi Terpukau

"Berjalan dengan baik, berjalan dengan baik, nggak ada masalah," ucap dia pasca perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu 5 Oktober 2024.

Kata dia, semua hal yang berkaitan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih harus dipersiapkan. Semua itu dianggap penting supaya proses transisi berjalan lancar. 

Pimpin HUT TNI Terakhir Sebagai Presiden, Jokowi: Ini yang Paling Merakyat

"Badan-badan yang perlu dipersiapkan sebelum pelantikan saya kira, undang-undang, juga bisa diselesaikan. Saya kira juga akan memuluskan keberlanjutan, akan melancarkan nanti memuluskan juga di hari pelantikan di tanggal 20 Oktober mendatang," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Ketua MPR RI, Ahmad Muzani mengajak seluruh unsur di parlemen untuk mensukseskan penyelenggaraan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024.

Jokowi Minta TNI Harus Berkembang, Waspada Ancaman Siber hingga Konflik Geopolitik

Muzani menyebut bahwa agenda yang akan segera diselenggarakan itu merupakan tugas konstitusional yang penting. Selain seluruh unsur di parlemen mulai dari MPR, DPR, DPD, Sekjen Partai Gerindra itu juga mengajak seluruh pimpinan parpol turut menyukseskan pelantikan kepala negara tersebut.

"Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tersebut adalah bukti kita telah melangkah maju melaksanakan demokrasi yang baik," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Kamis, 3 Oktober 2024. 

Presiden Joko Widodo (jokowi) menyampaikan amanat di HUT TNI ke-79

Jokowi Sebut Progres Alutsista TNI Sudah Sangat Baik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan progres alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI sudah sangat baik sejauh ini.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2024