Jokowi Inspeksi Barisan di HUT TNI ke-79 dengan Formasi Melingkari Monas

Presiden Jokowi melakukan inspeksi pasukan HUT TNI Ke-79
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan HUT Ke-79 TNI yang digelar di Silang Monas, Jakarta, Sabtu, 5 Oktober 2024. Upacara dimulai dengan pemeriksaan atau inspeksi pasukan di lapangan Monas.

Aksi Gibran Muncul di Perayaan HUT ke-79 TNI

Menariknya, barisan pasukan TNI pada peringatan HUT TNI Ke-79 ini dengan formasi melingkari kawasan Monas. Ratusan ribu prajurit dari tiga matra membuat barisan di sekitaran Monas. 

Presiden Jokowi yang didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Komandan Upacara HUT TNI Mayjen TNI Djon Afriandi, kemudian melakukan inspeksi barisan dengan kendaraan kehormatan mengitari Monas sembari menyapa masyarakat.

Danjen Kopassus Mayjen Djon Afriandi Jadi Komandan Upacara HUT TNI ke-79

Formasi barisan TNI melingkari Monas di HUT TNI Ke-79

Photo :
  • Puspen TNI

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Hariyanto mengatakan, perayaan puncak peringatan HUT TNI tahun 2024 dibuat sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

LIVE Breaking News: Perayaan HUT ke-79 TNI 2024 di Monas

Puncak perayaan HUT TNI akan melibatkan sekitar 100 ribu personel TNI dari tiga matra. Istimewanya, lapangan Silang Monas akan dipenuhi barisan prajurit dengan formasi melingkari Monas.

"Itu yang istimewa karena upacaranya tidak hanya di sisi sebelah Monas, tapi pasukan itu melingkar dan ada 22 batalyon di situ tergelar," kata Mayjen TNI Hariyanto usai menghadiri Upacara dan Tabur Bunga di TMPN Kalibata, Jakarta Selatan, Jum'at, 4 Oktober 2024.

Nantinya, Presiden RI selaku Irup dan Panglima TNI akan memeriksa pasukan dengan memutari kawasan Monas.

Selain acara inti di Silang Monas, parade alutsista TNI akan melakukan konvoi di sepanjang jalan Sudirman - MH. Thamrin, hingga Senayan. 

Bagi masyarakat umum juga diperbolehkan untuk menyaksikan langsung perayaan HUT TNI di Monas. Mayjen Hariyanto menegaskan TNI membuka pintu seluas-luasnya untuk masyarakat sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Masyarakat bisa masuk. Tidak ada masalah di semua pintu bisa masuk. Semua masyarakat bisa masuk," tegas Kapuspen. 

Selepas parade pasukan dan alutsista, TNI akan menggelar pesta rakyat dengan menyiapkan dapur umum untuk makan gratis masyarakat yang menyaksikan defile pasukan dan parade alutsista, pembagian sembako dan acara hiburan dari artis papan atas. 

Konser musik HUT TNI akan dimeriahkan musisi-musisi ternama Tanah Air seperti, Dewa 19, Slank, Ari Lasso, DX AKA dan Bebizie. Acara akan dipandu host Raffi Ahmad dan Oki Lukman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya