Poltracking Indonesia: Elektabilitas Elly Lasut Unggul di Pilgub Sulut 2024

Cagub Sulut Elly Lasut.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Hasil survei dari lembaga Poltracking Indonesia menyebutkan, elektabilitas pasangan nomor urut 2, Elly Engelbert Lasut-Hanny Joost Pajouw unggul dari kandidat lainnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut).

Survei Charta Politika: Elektabilitas RIDO Teratas, Disusul Pramono-Rano dan Dharma-Kun

Peneliti Utama Poltracking Indonesia, Yoki Alvetro mengatakan, berdasarkan survei terbaru pada 15-21 September 2024, Elly Lasut-Hanny Joost meraih elektabilitas tertinggi menyentuh 50,1 persen. 

Kemudian Steven Kandouw-Alfred Denny Djoike Tuejeh pada posisi kedua dengan elektabilitas 32,4 persen. Lalu pasangan Yulius Selvanus Lumbaa-Victor Mailangkay dengan perolehan 7,1 persen. Sedangkan masyarakat yang belum menentukan jawaban sebanyak 10,4 persen. 

Survei Charta Politika: Tren Elektabilitas Pram-Rano Terus Menanjak

Petugas KPPS memeriksa kelengkapan logistik Pemilu sebelum didistribusikan ke kelurahan di gudang logistik KPU. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Dalam survei tersebut juga didapati sejumlah 83,9 persen publik puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dari angka tersebut, 47,5 persen di antaranya memilih duet Elly-Hanny di Pilgub Sulut 2024.

Elektabilitas Dedi Mulyadi di Jabar Sulit Dikejar Menurut LSI Denny JA, Begini Respons Syaikhu

"Steven Kandouw-Alfred Denny Djoike Tuejeh 34,4 persen dan Yulius Selvanus Lumbaa-Victor Mailangkay 7,7 persen," ujar Yoki Alvetro, Kamis, 3 Oktober 2024.

Hasil survei juga menunjukkan sebanyak 62,3 persen publik menyatakan ingin ganti pemerintahan baru. Sedangkan 20,8 persen publik menginginkan melanjutkan pemerintahan saat ini. 

Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling. Pengambilan data lapangan dilakukan pada tanggal 15-21 September 2024. 

Sampel pada survei ini adalah 800 responden dengan margin of error +/-3.5% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Klaster survei menjangkau 15 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara secara proporsional berdasarkan data jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya