PDIP Benarkan Jumlah Komisi di DPR Bertambah Jadi 13

Ketua DPD PDIP Jatim M Said Abdullah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Jakarta, VIVA Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah membenarkan jika jumlah komisi di DPR RI akan bertambah menjadi 13. Penambahan ini kata Said sudah disepakati tiap fraksi di DPR.

Puan Pastikan Pembentukan AKD dan Komisi DPR Tuntas Sebelum Pelantikan Prabowo

"Memang 13 komisi. Komisi 11 kan tetap pelebaran komisi pasti sambil menunggu jumlah kementerian yang diinginkan oleh presiden terpilih nanti," kata Said kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Oktober 2024. 

Ketua PDIP Jawa Timur Said Abdullah.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)
Puan: Pertemuan Prabowo-Megawati Bisa di Teuku Umar, Bisa di Hambalang

Said menjelaskan, jumlah komisi menjadi 13 itu sudah tetap. Pun, penambahan ini juga kata dia sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

"Sampai saat ini, komisi disiapkan 13 namun nomenklatur dari setiap komisi mitranya itu akan ditentukan setelah kementerian ditetapkan oleh presiden terpilih sesuai dengan kebutuhannya. 13 komisinya insyaallah kawan-kawan fraksi sudah firm," jelas dia.

Puan Sebut Megawati Bakal Masak Nasi Goreng Buat Prabowo saat Bertemu

Ilustrasi rapat paripurna DPR

Photo :
  • VIVAnews/Anwar Sadat

Lebih lanjut, Said menyebut rapat penentuan komisi nantinya digelar pada 13-15 Oktober 2024. Nantinya, anggota DPR di periode 2024-2029 ini akan ditentukan masuk ke dalam komisi mana di rapat tersebut.

"Insyaallah tanggal 13, 14, 15 kami akan rapat dengan fraksi-fraksi dipimpin oleh pimpinan DPR supaya begitu presiden terpilih di DPR sudah siap semua komisi," pungkas Said.

Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 10 September 2024

PDIP Dikabarkan Dapat Jatah Dua Menteri di Kabinet Prabowo, Begini Jawaban Puan

Puan Maharani merespons soal kabar PDIP akan mendapatkan dua menteri dalam kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2024