Pengamanan Diperketat di Beberapa Wilayah Papua Pasca KKB Tebar Ancaman

Kepala Satuan Tugas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Jakarta, VIVA - Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz-2024 memperketat pengamanan di wilayah rawan, termasuk meningkatkan intensitas pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Pesawat Smart Air Tergelincir di Intan Jaya Papua Tengah

Kepala Satgas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, Komisaris Besar Polisi Bayu Suseno menungkap, pengetatan pengamanan dilakukan dengan cara menggelar patroli pada lokasi strategis, salah satunya bandara perintis.

"Kami tingkatkan kegiatan patroli dan pengamanan, khususnya di bandara-bandara perintis. Pengejaran terhadap KKB juga masih terus kami lakukan," kata dia pada Kamis, 3 Oktober 2024.

INFOGRAFIS : Legacy Infrastruktur Presiden Jokowi di Tanah Papua

Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP. Dr. Bayu Suseno

Photo :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Dia menjelaskan, upaya pengetatan pengamanan diambil sebagai bentuk respons akan ancaman baru yang disampaikan KKB pasca pembebasan pilot Susi Air, Philips Mark Mehrtens. Apalagi, ancaman penyanderaan dari KKB kembali mencuat pasca pernyataan Juru Bicara KKB, Sebby Sambom.

Kemendikbudristek Membuka Jalan Pendidikan Papua dan 3T lewat Program ADEM dan ADik

Adapun, wilayah yang diperketat merupakan sejumlah wilayah prioritas yang tersebar di Provinsi Papua, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan meliputi Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Jaya Wijaya, dan Jayapura.

Dengan pengamanan yang semakin diperketat, lanjutnya, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berharap bisa menjaga stabilitas keamanan khususnya di wilayah Papua dan sekitarnya.

"Operasi ini mengutamakan pembinaan masyarakat, deteksi dini, serta menjalin komunikasi dengan masyarakat. Namun, kami juga siap dengan langkah penegakan hukum jika diperlukan," kata dia lagi.

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

TNI Bentuk 5 Batalyon Baru yang Akan Ditempatkan di Papua

5 Batalyon baru itu nantinya akan berada di bawah komando Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2024