Kemendagri Sebut Jokowi Sudah Pindah Domisili ke Solo per September

Presiden Joko Widodo atau Jokowi
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Iriana telah mengurus surat domisili ke Kota Solo, Surakarta, Jawa Tengah. Perpindahan domisili itu resmi dilakukan Jokowi per September 2024.

Blusukan ke Pasar Kefamenanu, Jokowi Pamitan dan Minta Maaf kepada Warga NTT

"Iya betul, bahwa per September 2024, Bapak Joko Widodo telah pindah domisili ke Kota Surakarta," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri, Teguh Setyabudi saat dihubungi, Rabu, 2 Oktober 2024.

Presiden Jokowi

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden
Jokowi soal Pertemuan Prabowo-Megawati: Saya Kira Baik Buat Kemajuan Negara

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan pulang ke Kota Solo, Jawa Tengah ketimbang mengisi jabatan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat ditanya awak media terkait pernyataan Menkominfo, Budi Arie Setiadi yang menyebut dirinya masih cocok mengisi jabatan tersebut.

Jokowi Ungkap Anggaran Bangun Bendungan Temef di NTT Sebesar Rp2,7 Triliun

“Saya mau pulang ke Solo,” ujar Jokowi kepada wartawan di Istana IKN, Kalimantan Timur, Kamis, 12 September 2024.

Saat ditanya kembali soal alasannya, Jokowi tetap menegaskan akan kembali ke Solo usai masa jabatannya habis pada 20 Oktober 2024.

“Pulang ke Solo tanggal 20 nanti, pulang ke Solo,” jelasnya.

Sementara itu, nama Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Solo 2024. Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bambang Christanto pada Senin, 30 September 2024.

“Bahwa informasi terakhir setelah kita cek di DPT kita nggih, Bapak Presiden Ir Joko Widodo bersama Ibu Iriana itu tercatat di DPT Kota Surakarta (Solo),” kata dia.

Menurut dia, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi terdaftar sebagai pemilih di RT 8 RW 7 di TPS 12, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Seperti diketahui kediaman pribadi mantan Wali Kota Solo itu terletak di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo.

“Berarti yang bersangkutan dalam Pilkada 2024 atau Pilwalkot Surakarta 2024 ini akan menggunakan hak pilihnya di Kota Surakarta sampai dengan hari ini,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya