Dukung Kebutuhan Listrik di Kaltim, PLN Rampungkan Pembangunan SUTT 150 kV

PLN selesaikan proyek Proyek SUTT 150 kV di Kalimantan Timur
Sumber :
  • Istimewa

Kalimantan, VIVA – PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Timur (UIP KLT) berhasil menyelesaikan proyek pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV untuk PT Mitra Murni Perkasa (MMP) tepat waktu pada Jumat, 27 September 2024.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Jadi WNI

Proyek SUTT ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan listrik PT MMP sebesar 140 Mega Volt Ampere (MVA) yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan industri mereka. 

General Manager PLN UIP KLT Raja Muda Siregar menjelaskan, dalam proyek ini juga dibangun 9 menara tower dengan total panjang lintasan 4,68 kilometer sirkit.

Kata Ketum PSSI Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-20

Menurut Raja pencapaian ini merupakan wujud nyata dari komitmen PLN di bawah kepemimpinan Erick Thohir dalam lima tahun terakhir untuk menyediakan listrik yang merata dan andal bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk sektor industri.

Satukan Database BUMN dan Kadin, Erick Thohir Dorong Keterbukaan Demi Cegah Korupsi

“Dengan berhasil diselesaikannya penyambungan ini dengan tepat waktu, PLN semakin menunjukkan kinerjanya bahwa penyediaan listrik yang dilakukan oleh PLN menggunakan prinsip dasar manajemen proyek yang baik untuk memastikan proyek berjalan dengan efisien, sesuai anggaran, tepat mutu serta selesai tepat waktu,” ucap Raja dalam siaran pers kepada VIVA Senin, 30 September 2024 malam.

Keberhasilan proyek ini, kata dia, semakin menunjukkan kesiapan PLN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis industri, khususnya industri yang berfokus pada hilirisasi sumber daya alam. Dengan pasokan listrik yang andal, industri seperti PT MMP dapat beroperasi secara efisien dan produktif.

Setelah ini, Raja menyebut PLN UIP KLT akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Kalimantan Timur, Utara dan Selatan. Beberapa proyek yang sedang dikerjakan antara lain SUTT 150kV Grogot-Sei Durian, SUTT 150kV Sei Durian-Tarjun, dan lainnya.

Tujuan utama dari pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini adalah untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di wilayah Kalimantan, sehingga dapat mendorong pembangunan daerah dan pertumbuhan ekonomi. Dengan akses listrik yang lebih mudah, andal, dan berkelanjutan, diharapkan dapat menarik lebih banyak investasi dan membuka lapangan kerja baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya