Wakil Menteri Keuangan II Tinjau Langsung Proses Layanan di Bea Cukai Tanjung Priok

Wamenkeu Dimas Djiwandono kunker ke Bea Cukai Tanjung Priok
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II, Thomas Djiwandono, melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Bea Cukai Tanjung Priok pada Kamis (26/09). Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung proses bisnis ekspor dan impor yang dilayani oleh Bea Cukai Tanjung Priok. Tidak hanya di gedung kantor utama, Wamenkeu juga mengunjungi beberapa tempat penimbunan sementara (TPS) di bawah pengawasan Bea Cukai Tanjung Priok.

APBN On Track, Optimisme di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

“Kantor pertama yang di kunjungi ya ke Bea Cukai khususnya ke KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok. Saya ingin mengetahui kondisi, tantangan yang ada di lapangan,” ujar Wamenkeu dalam sambutannya.

Kunjungan kerja ini turut dihadiri Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Staf Ahli Bidang Penerimaan Kementerian Keuangan, Tenaga Ahli Pengawasan Strategis dan Optimalisasi Penerimaan Kementerian Keuangan, Direktur Teknis Kepabeanan, Direktur Penindakan dan Penyidikan, Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai, dan Sekretaris Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Bea Cukai Lepas Ekspor Perdana Ratusan Ribu Kemeja Pria ke Jerman

Kunjungan diawali dengan sambutan Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani, dengan menyampaiakan profil Bea Cukai Tanjung Priok sebagai kantor Bea Cukai dengan volume pelayanan terbesar yang melayani 60% hingga 70% ekspor dan impor di indonesia. Sebagai kantor pelayanan terbesar, Bea Cukai Tanjung Priok telah melakukan berbagai macam reformasi terutama dalam digitalisasi layanan sehingga dapat mempercepat pelayanan dan mengurangi kepadatan pada area-area pelayanan Bea Cukai Tanjung Priok.

Dalam kunjungannya, Wamenkeu meninjau ruang-ruang pelayanan pada Kantor Bea Cukai Tanjung Priok antara lain, loket pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dan area konsultasi pengguna jasa pada ruang Customs Care. Segala pelayanan telah digitalisasi untuk percepatan pelayanan melalui aplikasi SLIM, sebuah sistem layanan informasi mandiri yang dikelola Bea Cukai Tanjung Priok.

Bea Cukai Soekarno-Hatta Serahkan dan Musnahkan Barang Hasil Penindakan

Tak hanya itu, Wamenkeu juga meninjau proses layanan ekspor dan impor di area Tempat Penimbunan Sementara Jakarta International Container Terminal (JICT), Koja dan Graha Segara. Wamenkeu mengunjungi container scanner dan area monitoring room Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) Graha Segara.

Penyediaan container scanner ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan efektivitas pengoperasian alat container scanner serta meningkatkan efisiensi sistem pemeriksaan barang ekspor dan impor dalam peti kemas. Pemasangan container scanner ini masih akan dilaksanakan untuk mendorong percepatan pemeriksaan fisik. Untuk memastikan pemeriksaan fisik berjalan dengan optimal, Wamenkeu mengunjungi area pemeriksaan fisik pada area long room.

Dalam kunjungannya, Wamenkeu turut berinteraksi dengan petugas pemeriksa fisik barang impor yang sedang melakukan pemeriksanaan fisik barang impor. Setelah pelaksanaan kunjungannya ke Bea Cukai Tanjung Priok, Wamenkeu melanjutkan kunjungannya ke Bea Cukai Soekarno Hatta.

Pelaksanaan kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja Bea Cukai Tanjung Priok dalam mewujudkan pelayanan prima bagi pengguna jasa, pelaksanaan pengawasan yang efektif sehingga mampu mencapai penerimaan optimal untuk mendorong perekonomian indonesia.

Bea Cukai bakar rokok dan miras ilegal

Gelar Pemusnahan, Kanwil Bea Cukai Jatim II Bakar Habis Rokok dan Miras Ilegal

Kanwil Bea Cukai Jatim II musnahkan 8.741.120 juta batang hasil tembakau (rokok) dan 354 liter minuman mengandung etil alkohol (MMEA/miras) dengan cara dibakar.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2024