Tim SAR Evakuasi Korban Terakhir Tragedi Longsor Tambang Emas Ilegal di Solok

Evakuasi korban longsor tambang emas ilegal di Kabupaten Solok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (Padang)

Solok, VIVA –  Memasuki hari ke empat pasca terjadinya tragedi longsor tambang emas ilegal di Nagari Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Tim SAR gabungan, Minggu 29 September 2024 masih berupaya keras mengevakuasi korban terakhir dari lokasi kejadian.

Kendala Evakuasi Korban Longsor Tambang Emas Ilegal di Solok

Operasi pencarian dan penyelamatan ini dihadapkan dengan kendala jarak tempuh yang jauh dan medan yang sulit. Evakuasi dilakukan setelah tim SAR berhasil menjangkau lokasi di mana korban terakhir ditemukan. Proses evakuasi melibatkan beragam instansi, termasuk Basarnas, kepolisian, TNI dan masyarakat setempat.

"Korban terakhir masih dalam proses evakuasi. Evakuasi sudah dilakukan sejak Sabtu kemarin," kata Abdul Malik, Minggu, 29 September 2024.

Polda Jambi Jerat Puluhan Penambang Emas Ilegal

Evakuasi Korban timbunan longsor tambang emas ilegal di kabupaten Solok

Photo :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (Padang)

 
Abdul Malik menyebut sampai kini jumlah korban dalam peristiwa sebanyak 25 orang dengan rincian 12 meninggal dunia, 12 selamat dan satu korban masih dalam proses evakuasi.

9 Penambang Emas Ilegal Tewas Tertimbun di Solok

Abdul bilang, selain jarak tempuh dan medan yang berat, proses evakuasi juga terkendala dengan kondisi cuaca hujan. Sehingga tim di lapangan memutuskan untuk membuat bivak dan melanjutkan evakuasi pagi ini.   

Diketahui, 25 penambang emas ilegal ini menjadi korban longsor yang terjadi pada Kamis 26 September 2024. Minimnya informasi, membuat simpang siur jumlah korban hingga akhirnya dikunci sebanyak 25 korban, 12 meninggal, 12 selamat dan mengalami luka-luka dan satu masih dalam proses evakuasi.

Evakuasi Korban timbunan longsor tambang emas ilegal di kabupaten Solok

Update Data Korban Terbaru Tragedi Longsor Tambang Emas Ilegal di Solok 

Tim SAR gabungan terus berupaya maksimal melakukan proses evakuasi korban longsor tambang emas ilegal di Nagari Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok.

img_title
VIVA.co.id
28 September 2024