Cara Egy-Syaiful Tekan Angka Pengangguran di Lampung Selatan

Cabup Lampung Selatan Radityo Egi Pratama.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan nomor urut 2, Radityo Egi Pratama dan Syaiful Anwar ingin menekan angka pengangguran di wilayahnya. Mereka pun ingin masyarakat setempat mudah untuk mendapatkan pekerjaan. 

Survei Poltracking: Pemilh Milenial dan Gen Z Pilih Dedi Mulyadi-Erwan di Pilgub Jawa Barat

"Impian saya masyarakat Lampung Selatan mudah mendapatkan kerja sesuai dengan keinginan dan kompetensi yang dimiliki," kata Radityo Egi Pratama, Kamis, 26 September 2024.

Untuk itu, mereka berkomitmen mendirikan Milenial Job Center (MJC). Program ini diharapkan dapat menekan angka pengangguran di Lampung Selatan.

Strategi Pupuk Indonesia Ajak Milenial Bangun Ekosistem Pertanian Berkelanjutan

Petugas KPPS memeriksa kelengkapan logistik Pemilu sebelum didistribusikan ke kelurahan di gudang logistik KPU. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Selatan tahun 2024, tingkat pengangguran terbuka di wilayah tersebut mencapai 26.926 orang. Angka ini setara 4,95 persen dari total angkatan kerja sebanyak 543.691 orang.

'Mainan' di Rutan KPK, Cabup Pekalongan Dilempar Tongkat dan Asal-usul COVID-19

Egi menjelaskan, program Milenial Job Center (MJC) ini merupakan inisiatif yang dirancang untuk membantu kaum milenial dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. 

Program ini akan berfokus pada pelatihan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja saat ini, seperti keterampilan digital, kewirausahaan, serta pengembangan soft skills

MJC juga bertujuan untuk menjembatani para pencari kerja dengan perusahaan atau industri yang membutuhkan tenaga kerja. Hal ini diharapkan memudahkan kaum muda mendapat pekerjaan.

"Dengan adanya Milenial Job Center ini, saya harap kaum muda dapat lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau menciptakan lapangan kerja baru, sehingga mengurangi angka pengangguran," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya