Kebijakan Prabowo Lanjutkan Pondasi Ekonomi Jokowi Dinilai Beri Kepastian Investor

Momen Presiden Jokowi dengan Prabowo Jalan Bereng Usai Sidang Tahunan MPR DPR
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Jakarta, VIVA – Pengamat politik Ujang Komaruddin meyakini komitmen Prabowo melanjutkan pondasi ekonomi era Jokowi akan memberi kepastian bagi investor. Menurutnya Prabowo yang berlatar penguasaha paham betul pentingnya stabilitas demi pertumbuhan ekonomi.

Bakrie & Brothers Siap Ekspansi Proyek Jalan Tol di Era Prabowo

Dengan stabilitas di segala sektor, Ujang yakin perekonomian Indonesia akan semakin meroket di era Prabowo.

"Saya yakin dengan komitmen Prabowo membangun ekonomi berkelanjutan. Pondasinya dibangun Jokowi, Prabowo melanjutkannya," ujar Ujang dalam keterangannya, Kamis 25 September 2024.

BI Sebut Pemahaman Masyarakat RI Terkait Ekonomi Syariah Masih Sebatas Dosen dan PNS

Pertumbuhan Ekonomi (ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ujang menilai konsistensi melanjutkan kebijakan di sektor ekonomi adalah pekerjaan rumah Indonesia. Sejak Indonesia tak memiliki GBHN kerap terjadi bongkar pasang lembaga atau kementerian yang menyebabkan sulitnya tercapai stabilitas.

Ekonomi Syariah Jadi Target Penting Untuk Indonesia Emas di 2045

Oleh karena itu Ujang menilai inilah momentum Prabowo menciptakan stabilitas lintas pemerintahan. "Sangat penting menjaga pondasi ekonomi era selanjutnya sambil terus membangun pertumbuhan," ujar Ujang.

Menurutnya langkah Prabowo akan menjadi acuan bagi investor. Karena itu dia yakin Prabowo akan memberikan kepastian berupa kepastian hukum, stabilitas politik, dan akan mempertahankan stabilitas ekonomi yang sudah terbangun di era Jokowi.

"Langkah Prabowo akan menjadi acuan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Yakni dengan kepastian hukum, stabilitas politik, dan memberantas korupsi," kata Ujang.

Hal yang tak kalah penting adalah keyakinan Prabowo tak akan melakukan bongkar pasang pondasi ekonomi layaknya yang kerap terjadi setiap peralihan kekuasaan. Menurutnya konsistensi Prabowo mempertahankan pondasi pemerintahan yang terkait ekonomi akan memberi kepastian bagi investor.

Keberlanjutan, kata dia, akan memberikan pesan bahwa Indonesia sudah tidak lagi bongkar pasang kebijakan setiap lima tahun sekali. "Ada keyakinan (dari investor) bahwa Prabowo akan melanjutkan pondasi ekonomi era Jokowi," kata dosen Univetsitas Alazhar ini.

Dalam kesempatan halalbi halal di PBNU, April lalu, Prabowo menyatakan semangat untuk mempertahankan pondasi kuat yang telah diwariskan Presiden Jokowi.

"Strategi dan program yang sudah dirintis pak Joko Widodo dan pemerintahan beliau kami anggap sebagai landasan, pondasi yang sangat kuat, dan kami akan membangun di atas pondasi itu," kata Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya