Panen Melimpah di Tengah Kekeringan, Irpom Jadi Kunci Keberhasilan Petani Warakas

Irpom Jadi Kunci Keberhasilan Petani Warakas
Sumber :
  • Istimewa

Serang, VIVA – Di tengah tantangan kemarau yang melanda pada musim tanam kedua, Kelompok Tani (Poktan) Bina Tani, Desa Warakas, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang patut berbangga hati karena telah berhasil melakukan panen melimpah berkat program irigasi perpompaan (irpom) Kementerian Pertanian (Kementan) yang berhasil mengairi lahan mereka dan memberikan harapan baru bagi para petani

Center of Excelent (CoE) Wujud Keberpihakan Pemerintah kepada Pekebun

Ketua Poktan Bina Tani, Mukamad menjelaskan pada musim tanam kedua ini luas lahan yang ditanami sekitar 30 ha dan yang sekarang sudah dipanen mencapai 15 ha.

“Kami merasa bangga, bahagia dan bersyukur atas bantuan Kementan, karena berkat irpom yang diberikan, kami berhasil panen di tengah kekeringan. Pada tahun sebelumnya kami bisa melakukan dua kali panen, tapi tahun ini kami berharap bisa tiga kali panen,” ujar Mukamad. 

Harga Anjlok, Petani Cabai Lebak Banten Kesulitan Jual Hasil Panen

Menariknya, Poktan Bina Tani di era modern seperti sekarang ini masih mengandalkan panen dengan cara tradisional. Para petani memanen padi menggunakan arit, alat sederhana yang telah digunakan turun temurun.

Bisa Matikan Industri Hasil Tembakau, Pelaku Ekosistem Protes Kenaikan Cukai di 2025

Seusai dipanen, untuk memisahkan gabah dari batangnya, petani masih mengandalkan metode tradisional dengan memukul padi menggunakan alat yang disebut gebotan.

Meskipun proses ini memakan waktu, petani tetap melestarikan cara-cara tradisional dalam bertani untuk mempertahankan tradisi.

“Penggunaan gebotan ini sangat membantu kami dalam menjaga kualitas padi, sekaligus melestarikan kearifan lokal yang telah ada sejak lama," ujar Wahyudin, Sekretaris Poktan Bina Tani.

Demi upayakan keberlanjutan produksi dan ketersediaan pangan tetap terjaga di masa depan, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman sebelumnya pernah mengatakan, solusi cepat yang pihaknya lakukan adalah dengan memompa air sungai ke sawah.

Kementerian Pertanian menggelontorkan bantuan irigasi perpompaan (irpom) maupun pompanisasi kepada petani, agar menjadi solusi cepat dan tepat guna, sehingga petani terbantu bisa lakukan tanam maupun panen dua hingga tiga tahun kemudian.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan, Heru Tri Widarto yang turut serta meramaikan panen, Senin (23/9), mengaku bangga Poktan Bina Tani telah berhasil mengoptimalkan irpom dan terus mendukung petani dalam mengoptimalkan hasil panen sambil tetap mengedepankan kearifan lokal.

“Mereka menunjukkan bahwa metode tradisional masih relevan dan mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Ini adalah contoh nyata kearifan lokal yang berkontribusi pada ketahanan pangan,” tutup Heru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya