Jokowi Bakal Mendarat Perdana di Bandara VVIP IKN Siang Ini

Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Bandara VVIP IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) [Istimewa]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jhovanda (Kalimantan Timur)

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertolak ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Selasa, 24 September 2024. Rencananya, Jokowi akan mendarat di Bandara VVIP IKN.

KPK Geledah Rumah Eks Gubernur Kaltim, Kasus Apa?

"Siang ini rencana Bapak Presiden akan mendarat perdana di Bandara IKN," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Istana Sekretariat Presiden, Yusuf Permana melalui keterangannya.

Presiden Jokowi menaiki pesawat kepresidenan bertolak ke Jawa Timur

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Menko Polhukam Sebut Angkatan Siber TNI Diperlukan untuk "Perang Pikiran"

Menurut dia, Presiden Jokowi akan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ85 dari kunjungan kerja di Pontianak, Kalimantan Barat.

"Beliau akan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ85 dari Pontianak menuju ke Bandara IKN," ujarnya.

Jokowi Buka Suara Ajak Fahri Hamzah Kunjungan Kerja ke Sumbawa

Sebelumnya diberitakan, pihak Istana Negara memastikan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur semakin siap digunakan. Bahkan, Istana menjadwalkan uji coba pendaratan atau landing pesawat jet hari ini di Bandara VVIP IKN.

“Hari ini test landing perdana Pesawat Jet mendarat di Bandara IKN,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana melalui keterangannya pada Kamis, 12 September 2024.

Yusuf mengatakan, pesawat jet sebagai uji coba ditumpangi langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ia pun memastikan Pesawat Kepresidenan bisa landing dengan aman jika uji coba lancar tak ada kendala.

“Pesawat (jet) tersebut ditumpangi oleh Menhub. Itu bagian dari test landing sebelum Pesawat Kepresidenan nantinya akan mendarat di Bandara IKN," tutur dia.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memastikan seiring rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada September 2024, maka Bandara IKN pun dipastikan sudah akan bisa digunakan pada saat itu. 

Dengan demikian, Budi Karya memastikan bahwa Bandara VVIP IKN sudah dapat beroperasi pada September 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya