KPU: Ada 1.553 Pasangan Calon Ikut Pilkada Serentak 2024

Anggota KPU RI August Mellaz
Sumber :
  • KPU

Jakarta, VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan ada 1.553 pasangan calon (paslon) yang ditetapkan ikut Pilkada serentak 2024. Mereka ditetapkan menjadi paslon dari total 1.561 pasangan yang mendaftarkan diri. 

PDIP: Pilkada Bukan Ajang Permusuhan Politik, tapi Kontestasi Demokrasi

"Dari total 1.561 pasangan calon yang mendaftar ke KPU, baik di tingkat provinsi, kemudian ke kabupaten-kota, tercatat pasca pleno penetapan pasangan calon peserta pemilu untuk Pilkada, KPU, baik tingkat provinsi, kabupaten-kota, telah menetapkan 1.553 pasangan calon," kata Komisioner KPU RI, August Mellaz dalam konferensi pers, Senin, 23 September 2024.

Mellaz menuturkan, ada delapan pasangan calon yang tidak ditetapkan dalam Pilkada serentak 2024. Mereka terdiri dari calon bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota.

Pilgub Aceh: Bustami-Fadhil Nomor Urut 1, Muzakir-Fadhlullah Nomor 2

Ilustrasi gedung KPU

Photo :
  • Antara

"Untuk 8 pasangan calon yang tidak ditetapkan oleh KPU daerah, itu ada 6 pasangan calon untuk bupati dan wakil bupati, kemudian 2 pasangan calon untuk wali kota dan wakil wali kota," tuturnya.

Bertemu KPU Jakarta, Heru Budi Bahas Persiapan Pilkada 2024

"Totalnya 8, komposisinya di Provinsi Aceh ada 3, di Sumatera Utara ada 1, di Sumatera Selatan ada 1, di Bengkulu ada 1, kemudian Sulawesi Tengah ada 1, dan terakhir di Gorontalo ada 1," ujar Mellaz.

Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR), Said Abdullah

Petinggi PDIP: Pramono Anung Jadi Titik Temu antara Jokowi, Prabowo, dan Megawati

Petinggi PDIP menyebt figur Pramono Anung menjadi titik temu antara Jokowi, Prabowo, dan Megawati, sebuah fakta politik baru yang harus dicermati semua pihak.

img_title
VIVA.co.id
23 September 2024