Menhub Pastikan Bandara IKN Siap Didarati Pesawat Kepresidenan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali mengecek progres pembangunan Bandara Ibu kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Senin, 3 Juni 2024.
Sumber :
  • BKIP Kemenhub

Jakarta, VIVA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melaporkan progres pembangunan Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah hampir rampung seluruhnya dan siap didarati oleh pesawat kepresidenan.

Menhub Budi Karya Sebut Konsep Transportasi '10 Minute City' di Tangerang Patut Dicontoh

"Sudah siap, sudah bisa. Saya sudah landing di sana, mulus, enggak ada masalah," kata Budi Karya, usai melakukan tes pendaratan di Bandara IKN tersebut, dikutip pada Sabtu, 21 September 2024.

Dalam beberapa hari ke depan, Budi memastikan bahwa Kementerian Perhubungan akan bekerja sama dengan TNI Angkatan Udara (TNI AU) untuk melakukan tes pendaratan pesawat Hercules.

Terminal 3 Bandara Soetta Jadi Fasilitas Integrasi Moda Teramah Bagi Disabilitas

Dia menjelaskan bahwa tes lanjutan ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan bandara dalam melayani pendaratan pesawat dengan ukuran yang mirip dengan pesawat kepresidenan. "Besok akan didarati pesawat sejenis yang digunakan Presiden, setelah itu bisa digunakan," katanya.

Presiden FIFA Hadiri Pembukaan TC Timnas Indonesia di IKN

Pesawat Kepresidenan mendarat di Bandara baru Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah

Photo :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

Karenanya, Budi Karya pun membantah bahwa belum beroperasinya Bandara IKN untuk melayani pesawat kepresidenan sejak kemarin, bukanlah soal aspek keamanan semata, melainkan ada sejumlah prosedur teknis pengoperasian sebuah bandara yang sebelumnya harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum mulai mengoperasikannya.

"Jadi, tidak ada isu aman tidak aman, memang prosedur suatu bandara demikian," ujarnya.

Istana Negara IKN, Melihat Lebih Dekat Wajah Ibu Kota Nusantara (IKN)

Istana Negara di IKN Bakal Diresmikan Jokowi Sebelum Lengser

Sejumlah infrastruktur bangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk Istana Negara, bakal diresmikan Jokowi sebelum lengser.

img_title
VIVA.co.id
21 September 2024