Pilot Susi Air Bebas, Susi Pudjiastuti: Terima Kasih Pak Jokowi, Prabowo dan TNI-Polri

Pilot Susi Air Philip bersama polisi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Jakarta, VIVA - Pilot Susi Air, Philip Mehrtens akhirnya dibebaskan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) setelah disandera selama 1,5 tahun. Founder Susi Air, Susi Pudjiastuti bersyukur atas bebasnya Kapten Philip.

Begini Cara Satgas Damai Cartenz Bebaskan Pilot Philip dari Tangan KKB

"Alhamdulilah, mendapat kabar captain Pilot Philip Mehrtens telah kembali, sudah berada di Timika," kata Susi dalam cuitannya di X, pada Sabtu, 21 September 2024.

Pilot Susi Air Philip bersama polisi

Photo :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)
Pilot Susi Air Philip Dibebaskan Kelompok Kriminal Bersenjata

Susi kemudian menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Presiden RI terpilih periode 2024-2029 sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto hingga TNI-Polri yang telah membantu pembebasan Kapten Philip.

"Terima kasih kami kepada pemerintah Bapak @jokowi @prabowo @Puspen_TNI @ListyoSigitP @HumasPolri dan seluruh pihak yang telah membantu kepulangan Pilot kami," tuturnya.

Pilot Susi Air Philip Mehrtens yang Disandera KKB 19 Bulan Akhirnya Bebas

Sebelumnya diberitakan, Pilot Susi Air, Philip Mehrtens akhirnya dibebaskan usai tersandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya di wilayah Nduga.

Kaops Damai Cartenz 2024, Brigjen Polisi Fauzal Ramadhani mengatakan Satgas Operasi Damai Cartenz 2024, mengedepankan upaya soft approach untuk membebaskan Pilot Philip. 

"Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri" kata Faizal dalam keterangannya Sabtu, 21 September 2024. 

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut. Akhirnya membuahkan hasil, pada hari ini Sabtu, 21 September 2024, Pilot Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Di sisi lain, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Polisi Bayu Suseno menjelaskan bahwa Pilot Philip berhasil dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," ucap Bayu.

Selanjutnya, Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya