Temui Presiden Ferdinand Marcos Jr, Prabowo Sebut Filipina Mitra Strategis RI

Menhan RI Prabowo Subianto bertemu Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr
Sumber :
  • Dok Kemenhan

Manila, VIVA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto melakukan pertemuan resmi dengan Presiden Filipina H.E. Mr. Ferdinand Romualdez Marcos Jr., di Istana Malacanang, Manila, Jumat, 20 September 2024.

Kalau Menang Pramono Anung Pastikan Bersinergi dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Persiden Ferdinand Romualdez Marcoz Jr. atas sambutan hangat dan ramah yang diberikan kepada Indonesia. 

“Kesiapan dan keramahtamahan anda sangat luar biasa. Kami menghargai upaya anda untuk mengakomodir pertemuan ini. Terima kasih banyak,” kata Prabowo dalam keterangannya.

PKS Tak Targetkan Kursi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Menhan RI Prabowo Subianto bertemu Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr

Photo :
  • Dok Kemenhan

Prabowo menyebut Indonesia menganggap Filipina sebagai mitra strategis Indonesia, khususnya di bidang pertahanan. 

SBY Ingatkan Prabowo soal Tantangan Geopolitik dan Geostrategis, Menurut Juru Bicara

“Saya sangat terkesan dengan kepemimpinan anda. Wawasan strategis anda telah memajukan posisi Filipina di panggung global secara signifikan, menunjukkan kemajuan yang nyata dalam bidang politik, ekonomi, dan militer,” tutur dia.

Indonesia melalui Prabowo, juga menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Filipina atas keberhasilannya menjadi tuan rumah pertemuan Komite Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan (JDSCC) ke-13 di Manila pada bulan Juni 2024.

“Kami berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam forum bilateral tahunan ini dan berharap dapat menjadi tuan rumah pertemuan JDSCC ke-14 di Indonesia pada tahun 2025,” ungkap dia.

Di akhir pertemuan, Menhan Prabowo menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan atas diskusi konstruktif yang telah berlangsung hari ini. 

Sementara itu dalam pernyataan Presiden Filipina Marcos melalui akun instagramnya, turut mengomentari ikatan persahabatan dengan Indonesia.

"Bangsa kita selalu memiliki ikatan persahabatan yang mendalam, dan saya yakin persahabatan ini akan semakin kuat di tahun-tahun mendatang,” kata Marcos. 

Dalam pertemuan tersebut Presiden Filipina didampingi antara lain oleh Menteri Luar Negeri Enrique Manalo, Sekretaris Eksekutif Lucas Bersamin, dan Menteri Pertahanan Gilberto Teodoro Jr. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya