Gus Ipul Minta Jajarannya Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Secara Maksimal

Menteri Sosial, Saifullah Yusuf
Sumber :
  • Kementerian Sosial RI

VIVA – Menteri Sosial Saifullah Yusuf menginstruksikan jajarannya segera menyalurkan bantuan kepada korban gempa Kabupaten Bandung dan Garut.

Kemensos Salurkan Berbagai Bantuan untuk Korban Gempa di Bandung

"Kita harus bergerak cepat dan maksimal menyalurkan bantuan kepada korban bencana gempa di Bandung dan Garut," kata Gus Ipul, di Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Gempa dengan magnitudo 5,0 yang terjadi di Kabupaten Bandung pada Rabu (18/9), berdampak hingga ke wilayah Garut, Jawa Barat.

Berapa Jumlah Dana Bantuan KIP Kuliah 2024? Ini Rinciannya

Tak lama setelah terjadinya gempa, Kementerian langsung menyalurkan sejumlah bantuan kepada korban gempa yang ada di dua wilayah itu.

Di Bandung, Kemensos telah menyalurkan bantuan berupa tenda serbaguna 4 unit, tenda keluarga portabel 71 unit, terpal 40 lembar, kasur 230 lembar, makanan siap saji 80 paket, makanan anak 100 paket, selimut 370 lembar, family kit 290 paket, kids ware 290 paket, dan instalasi solar cell sebagai penerangan sebanyak 2 unit.

Waspada Megathrust, BPBD DKI Imbau Warga Siapkan 'Emergency Bag' dan Uang Tunai

Kemensos juga mendistribusikan bantuan logistik tambahan melalui kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dengan rincian tenda serbaguna 2 unit, tenda gulung 150 lembar, tenda keluarga 20 unit, dan kasur 125 unit.

Selain itu, Kemensos juga menyalurkan selimut 250 lembar, makanan siap saji 700 paket, makanan anak 400 paket, family kit 75 paket, kids ware 75 paket, serta toilet portable 2 unit. Total nominal bantuan yang disalurkan Kemensos untuk gempa  di Bandung sebesar Rp1,5 miliar.

Sementara untuk korban di wilayah Garut, Kemensos telah menyalurkan bantuan tenda keluarga portable 10 unit, tenda keluarga 5 unit, peralatan dapur 20 paket, tenda gulung 60 lembar, selimut 100 lembar, sandang dewasa 100 paket, dan sandang anak 50 paket.

Ilustrasi siswa sekolah dasar, siswa SD, murid sekolah dasar, murid SD

Segini Jumlah Bantuan Dana PIP yang Diterima Jenjang Pendidikan SD

Berapa jumlah bantuan dana PIP yang diterima oleh siswa SD pada tahun 2024 per tahun? Dana ini dapat digunakan oleh siswa untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan lain-lain.

img_title
VIVA.co.id
20 September 2024