INFOGRAFIK: Legacy Jokowi, Infrastruktur sampai Tingkatkan Daya Saing Indonesia 

Presiden Jokowi saat menyambut Paus Fransiskus di Istana Negara
Sumber :
  • Youtube Setpres

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa jabatannya sebagai orang nomor satu Republik Indonesia pada 20 Oktober 2024. Jokowi meninggalkan 'warisan' setelah satu dekade memegang kuasa sebagai pemimpin negara.

Jokowi: Jalan Tol Solo-Yogyakarta Telan Biaya Rp5,6 Triliun

Jokowi banyak meninggalkan legacy di bidang infrastruktur yang menjadi prioritasnya. Hal ini dinilai guna mempermudah mobilitas masyarakat terutama dalam aktivitas sehari-hari.

Mulai dari 1,9 juta km jalan desa, 366 ribu km jalan desa hingga 6.000 km jalan nasional. Jokowi juga membangun sekitar 2.700 km jalan tol baru.

Jokowi Ungkap Tantangan yang Dihadapi Indonesia di Tengah Ancaman Global

Jokowi juga meninggalkan jejak berupa 43 bendungan baru dan 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru. Peninggalan lainnya adalah sukses mendirikan 50 pelabuhan dan bandara udara baru.

Di samping itu, Jokowi dinilai berhasil menurunkan biaya logistik. Semula sebesar 24 persen menjadi 14 persen pada tahun 2023. 

World Expo 2025 Osaka, RI Bakal Pamer Potensi Ekonomi Energi Terbarukan hingga Smart City

Presiden ketujuh RI ini juga berhasil meningkatkan daya saing yang dibuktikan adanya peningkatan peringkat Indonesia di bidang Infrastruktur berdasarkan IMD World Competitiveness Rangking dari posisi 54 pada tahun 2014 menjadi ke-27.

Pro Kontra Dibukanya Keran Ekspor Pasir Laut

Bedah Perbedaan Sedimen dan Pasir Laut, Jokowi: Beda Loh Ya!

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemerintah tidak membuka kembali keran ekspor pasir laut. Menurutnya, komoditas yang diizinak untuk ekspor adalah hasil sedimentasi.

img_title
VIVA.co.id
20 September 2024