Survei: Pilkada Jakarta dan Jawa Tengah Paling Ketat, Kepuasan Kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin Tinggi

Ilustrasi Pilkada
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Elektabilitas sejumlah pasangan calon kepala daerah mendominasi, jelang masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Antara lain, Airin Rachmi Diany di Banten, Dedi Mulyadi (Jawa Barat), Khofifah Indar Parawansa (Jawa Timur) dan Bobby Nasution (Sumatera Utara).

Pilgub Sulut 2024, Duet Elly-Hanny Unggul Telak Nyaris 20 Persen di Atas Steven-Alfred

Hal tersebut terlihat berdasarkan survei Katadata Telco Survey oleh Katadata Insight Center (KIC) periode 4-9 September 2024. Selain empat provinsi tersebut, survei juga dilakukan di Jakarta dan Jawa Tengah.

Hasil survei tersebut disampaikan Survey Manager KIC, Satria Triputra Wisnumurti, saat peluncuran dan diskusi Rilis Katadata Telco Survey : Elektabilitas Pilkada 6 provinsi & Kepuasan Terhadap Jokowi di Jakarta,

Didukung Sugianto Sabran, Alfian Mawardi Makin Mantap Hadapi Pilkada Kapuas

Berbeda dengan temuan di empat provinsi di atas, dua pasangan masih saling berebut suara di Jakarta dan Jawa Tengah. Di Jakarta, Pramono Anung dan Ridwan Kamil masih berebut suara di segmentasi pemilih tertentu. Sementara itu di Jawa Tengah, Ahmad Luthfi dan Andika Perkasa masih berimbang.

“Temuan tersebut mengindikasikan bahwa Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara telah memiliki kandidat gubernur yang kuat. Namun, di Jakarta dan Jawa Tengah masih terjadi pertarungan ketat,” ujar Satria, Kamis, 19 Septembber 2024.

Brigjen Yuyun Ungkap Pesan Kapolri ke Jajaran Polda Lampung Jelang Pilkada

Ilustrasi logistik pilkada (antara)

Photo :

Analisis survei juga dilakukan dengan kacamata telco behavior. Segmentasi pemilih dipilah berdasarkan pola perilaku pemilih dalam penggunaan telekomunikasi. Pemilahan ini membentuk dua belas segmentasi yang menjadi dasar untuk menganalisis elektabilitas para pasangan calon di tiap provinsi.

Airin Rachmy Diany (Banten) unggul pada pemilih yang memiliki ketertarikan pada politics & news reader. Dedi Mulyadi (Jawa Barat) unggul pada pemilih finance-business oriented & consumer-focused. Khofifah Indar Parawansa (Jawa Timur) unggul pada pemilih Tech Enthusiasts & Gadget Lovers serta Travel & Adventure Lovers. Terakhir, Bobby Nasution (Sumatera Utara) unggul pada pemilih Family-Oriented & Home-Centered.

Sementara itu, potret berbeda terjadi di Jakarta dan Jawa Tengah. Di Jakarta, Pramono Anung unggul pada pemilih Cultural & Religious, sedangkan Ridwan Kamil unggul pada pemilih Lifestyle & Beauty Enthusiasts. Di Jawa Tengah, Andika Perkasa unggul pada pemilih Health & Fitness Enthusiasts, sedangkan Ahmad Luthfi unggul pada pemilih Youth & Entertainment-Oriented.

Survei tersebut menjabarkan, di Pilkada Banten, elektabilitas Airin Rachmi Diany di angka 50,2% sedangkan Andra Soni hanya 10%. Popularitas Airin juga unggul jauh dibandingkan Andra Soni yaitu 71% berbanding 39%.

Lalu Pilkada Jakarta, elektabilitas Ridwan Kamil mencapai 50% sedangkan Pramono Anung di angka 18%. Popularitas Ridwan Kamil juga unggul jauh di angka 90% dan Pramono Anung di kisaran 49%.

Sedangkan, Pilkada Jawa Barat, elektabilitas Dedi Mulyadi di angka 50% sedangkan Ahmad Syaiku sekitar 3%. Popiularitas Dedi Mulyadi juga unggul jauh atas Ahmad Syaiku yaitu 77% berbanding 20%.

Persaingan ketat terjadi di Pilkada Jawa Tengah. Elektabilitas Ahmad Luthfi di angka 35% dan Andika Perkasa di angka 27%. Sedangkan popularitas Ahmad Luthfi juga hanya unggul tipis atas Andika Perkasa yaitu 53% berbanding 51%.

Ilustrasi pilkada serentak 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Di Jawa Timur, elektabilitas Khofifah Indar Parawansa juga unggul jauh atas Tri Rismaharini yaitu 52% berbanding 14%. Sedangkan popularitas Khofifah di angka 83% dan Tri Rismaharini sekitar 56%.

Kmudian, di Sumatera Utara,  elektabilitas Bobby Nasution juga unggul jauh dari Edy Rahmayadi yaitu 35% berbanding 17% dan sementara popularitas Bobby unggul tipis 67% berbanding 63% atas Eddy Rahmayadi.

Satria mengatakan, survei pilkada di enam provinsi bertujuan melihat elektabilitas pasangan calon melalui analisis telco behavior. Analisis elektabilitas melalui segmentasi pemilih telco akan menjembatani strategi meraup suara melalui ranah digital. Hal ini diperkuat dengan enam provinsi tersebut merupakan wilayah besar dengan jumlah DPT terbanyak.

Selain survei terkait pilkada, temuan survei yang tak kalah menarik adalah tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi. Di enam provinsi tersebut, tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo – Wakil Presiden Ma’ruf Amin terhitung tinggi, berada di angka di atas 70%. Tingkat kepuasan tertinggi mencapai angka 80,3% di Jawa Tengah, sedangkan kepuasan terendah mencapai angka 70,1% di Jakarta.

Tampaknya isu-isu panas dalam beberapa bulan terakhir berkaitan dengan Presiden Jokowi dan keluarganya tampaknhya tidak berdampak besar terhadap Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi saat meninjau Pasar Soponyono, Surabaya

Photo :
  • Youtube Setpres

Di provinsi lainnya, misalnya kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo – Wakil Presiden Ma’ruf Amin berada pada angka 73,2% di Banten, 72,3% di Jawa Barat, 79,2% di Jawa Timur dan 77,9% di Sumatera Utara. Sementara itu, ketidakpuasan tertinggi berada di Jakarta sebesar 27,6% dan ketidakpuasan terendah berada di Sumatera Utara sebesar 15,9%.

Katadata Telco Survey di enam provinsi dilakukan melalui survei telepon dengan menggunakan platform data collection tSurvey yang mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight Telkomsel. Survei dilakukan pada tanggal 4-9 September 2024.

Populasi survei adalah penduduk di enam provinsi yang memiliki hak pilih dan memiliki nomor handphone Telkomsel (populasi tSurvey). Responden survei ini berjumlah 800 responden dengan margin of error +/-3.5% pada tingkat kepercayaan 95% di setiap provinsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya