Ketua Pansel Bakal Setor Hasil Tes Capim KPK ke Presiden Awal Oktober 2024

Tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewas KPK Tahun 2024
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA – Tes wawancara calon Pimpinan KPK telah rampung digelar pada Rabu, 18 September 2024. Sebanyak 20 orang calon Pimpinan KPK yang lolos tes tulis periode 2024-2029 ini sudah rampung digelar selama dua hari sejak kemarin.

KPK Tahan 4 dari 5 Orang Tersangka di Kasus Korupsi Pengadaan Lahan di Rorotan

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) calon Pimpinan KPK, Muhammad Yusuf Ateh mengatakan bahwa setelah ini pihaknya akan menggelar rapat lebih dudlu dengan sejumlah jajaran Pansel KPK. Rapat itu akan membahas soal hasil dari tes wawancara yang sudah digelar selama dua hari untuk calon Pimpinan KPK.

"Alhamdulilah udah selesai, macam-macam kan jawabnya. Yang penting udah selesailah, nanti kita rapatkan lagi tanggal 27-28 (September)," ujar Yusuf Ateh kepada wartawan Rabu, 18 September 2024.

Jika jadi Pimpinan KPK, Irjen Setyo: Lebih Baik Merusak Kolegialisme daripada Institusi

Tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewas KPK Tahun 2024

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Ateh menjelaskan, bahwa penilaian ini mesti dilakukan dengan menimbang sejumlah pandangan hingga gagasan para calon usai melakukan tes wawancara. Ia menyebut sejauh ini persaingan setiap calon Pimpinan KPK cukup ketat.

PPATK Sebut Sudah Kirim Laporan Soal PPDS Undip ke KPK Sejak 2022 tapi Tidak Dihiraukan

"Ya kan kita melihat pandangan dia, komitmennya dia. Walaupun jawabannya pendek, ada yang jawaban panjang, sifatnya bagaimana menjelaskan sesuatu. Ada yang sederhana jadi rumit, ada yang rumit dijelaskan sederhana. Keliatan karakternya, bukan masalah benar, enggak benar jawabannya kan, bisa melihat itunya," ucap dia.

Setelah dinilai, Ateh menjelaskan Pansel KPK akan menyaring 10 nama yang dianggap memenuhi kriteria untuk kemudian diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kan ini udah. Setelah ini, kita akan menyaring seleksi 10 orang untuk diserahkan ke Bapak Presiden. Nanti Bapak Presiden serahkan ke DPR, nanti Komisi III DPR akan memilih 5," jelas Ateh.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin.

Ngabalin Sebut Presiden Jokowi Komunikasinya dengan Allah Luar Biasa, Melebihi Seorang Ulama

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengatakan Presiden Jokowi komunikasinya dengan Allah luar biasa melebihi seorang Ulama termasuk puasa daud

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024