Punya Spesifikasi City Bus, Kemenag: Semua Bus Shalawat Ramah Lansia

Bus shalawat untuk transportasi jemaah haji Indonesia
Sumber :
  • Kemenag

Jakarta, VIVA – Kementerian Agama (Kemenag) menegaskan seluruh armada Bus Shalawat yang beroperasi melayani jemaah Indonesia pada musim haji 1445 H/2024 M memiliki spesifikasi city bus. Bus ini memiliki spesifikasi body rendah sehingga memudahkan penumpang untuk naik turun.

450 Bus Kota Ramah Lansia Siap Layani Jemaah Haji Indonesia di 22 Rute Strategis

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri (Diryanlu) Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Subhan Cholid, penggunaan city bus ini sejalan dengan layanan haji ramah lansia yang ditetapkan pemerintah.

"Bus Shalawat yang kita sediakan dengan jenis city bus itu seluruhnya itu jenisnya adalah ramah lansia, karena memiliki body rendah," jelas Diryanlu Subhan Cholid di Jakarta, Selasa 17 September 2024.

Menu Makanan Nusantara pada Ibadah Haji 2024, Kemenag: Sesuai Kebutuhan Nutrisi Jemaah

Subhan menambahkan, selain city bus yang terdapat puluhan kursi di dalamnya ada lagi city bus vvip.

City bus jenis ini, memiliki lintasan lipat di pintunya yang digunakan untuk naik turun kursi roda. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Soal Pengadaan Layanan Haji 2024 di Arab Saudi, Kemenag Tegaskan Hal Ini

Bus Shalawat haji Indonesia di Terminal Syib Amir

Photo :
  • Media Center Haji 2024

"City bus jenis ini, terbatas jumlahnya di Arab Saudi. Saat ini, hanya ada 25 unit dari seluruh jumlah armada city bus yang ada," ungkap Subhan, seperti yang dilansir rilis resmi Kemenag.

"Nah, 25 unit itu tersebar dalam beberapa syarikat. Nah, syarikat yang kita kontrak untuk layanan shalawat, itu semuanya kita pakai yang jumlahnya 20. Yang lima itu punya syarikat lain yang tidak kita kontrak," sambungnya.

Fakta ini, lanjut Subhan, perlu dipahami masyarakat.

"Artinya apa? Semua bus yang bentuknya VIP untuk layanan lansia, itu 100% sudah kita sewa. Adanya memang hanya 20. Bedanya apa dengan city bus yang lain? Ini kursinya lebih sedikit," tutur Subhan.

Bus Shalawat jemaah haji Indonesia

Photo :
  • Media Center Haji 2024

Sejarah Bus Shalawat

Subhan Cholid memaparkan, layanan bus shalawat untuk mengantar jemaah haji Indonesia kali pertama diadakan pada tahun 2008. Saat itu, Pemerintah Saudi melakukan pembongkaran hotel-hotel di sekitar Masjidil Haram, utamanya di daerah Syib Amir.

Akibatnya, ketersediaan hotel di sekitar Haram menjadi sangat terbatas. Misi haji Indonesia akhirnya mencari rumah dengan jarak cukup jauh dari Masjidil Haram.

"Saat itu, rumah jemaah haji Indonesia, jarak terdekat dari Masjidil Haram, 2 km. Rumah terdekat Haram yang belum dibongkar, harganya naik sehingga tidak terjangkau pagu anggaran," kenang Subhan Cholid.

"Sementara rumah paling jauh, jaraknya mencapai lebih dari 10 km dari Masjidil Haram, mulai dari kawasan Hijrah, Mukhathat Bank, Bakhutmah, Kholidiyah, Syauqiyah, Rushaifah, Awali, hingga Ka'kiyah," lanjutnya.

Bus Shalawat dan Petugas Siap Layani Jemaah haji Indonesia di Makkah

Photo :
  • Humas Kemenag RI

Sejak saat itu kemudian mulai dimasukkan pasal tentang angkutan shalawat.

Pada waktu itu, sampai dengan tahun 2010, itu populasi bus dengan jenis city bus, yang memiliki body rendah, tiga pintu, itu jumlahnya sangat terbatas.

"Dan itu hanya dimiliki oleh satu perusahaan saja, namanya perusahaan Saptco. Nah, oleh perusahaan Saptco, itu hanya digunakan untuk melayani rute Jamarat - Mahbas Jin - Bab Ali," terang Subhan.

"Di luar rute itu, orang kalau mau nyewa, itu adanya adalah bis-bis antarkota yang tinggi-tinggi itu," sambungnya.

Lalu kemudian 2011-2012, pemerintah Indonesia menetapkan jarak terjauh pemondokannya itu 2,5 KM tapi tanpa angkutan.

"Kalau Arab Saudi menetapkan 2 KM, itu kita karena juga supaya tetap dapat hotel, kalau hanya 2 KM itu kan hotelnya terbatas," papar Subhan.

"2,5 KM tapi tidak ada layanan Shalawat. Karena setengah kilo ini kan rumit juga gitu kan. Sehingga 2011-2012, itu tidak ada angkutan Shalawat kita," lanjutnya.

Kemudian, pada 2013 itu populasi jenis city bus untuk angkutan masal, itu sudah cukup banyak. Beberapa perusahaan itu memiliki spesifikasi bis tersebut.

"Nah, sehingga kemudian mulai 2013 itu, kita sudah mulai menyiapkan skema layanan Shalawat secara lebih detail dengan melibatkan personil-personil dari Kementerian Perhubungan dan juga teman-teman dari Sekolah Tinggi Angkutan Darat untuk menghitung dan juga menyiapkan skema-skema layanan itu," kata Subhan Cholid.

Pada musim haji 1445 H/2024 M ini, pemerintah menyiapkan total 450 Bus Shalawat yang melayani jemaah di Makkah. Ada 76 halte yang disediakan, untuk 22 rute bus.

Bus-bus ini melintasi wilayah pemondokan jemaah haji Indonesia yang berada di daerah Syisyah, Raudhah, Jarwal, Misfalah, dan Rei Bakhsy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya