Gempa Guncang Bandung, BNPB Minta Warga Tak Panik

Tangkapan layar- video warga keluar rumah yang rusak akibat gempa di Bandung.
Sumber :
  • ANTARA/HO-BNPB

Jakarta, VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta warga di wilayah Bandung Raya, Jawa Barat tidak panik. BNPB memastikan petugas tim reaksi cepat sudah diterjunkan untuk melakukan asesmen penanganan darurat bencana.

BNPB: 81 Warga Luka-luka Akibat Gempa Magnitudo 5 di Kabupaten Bandung

"Masyarakat diminta tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan, terlebih potensi gempa bumi susulan masih sering terjadi beberapa kali dengan magnitudo 2-2.4," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dilansir Antara, di Jakarta, Rabu, 18 September 2024.

Abdul Muhari menyebutkan, petugas gabungan di antaranya tim reaksi cepat BPBD, TNI, Polri, Basarnas sudah diterjunkan ke wilayah terdampak guncangan gempa bumi yang berlangsung 3-5 detik Rabu, 18 September 2024 pagi.

BMKG Sebut Gempa di Bandung Akibat Aktivitas Sesar Garsela, Apa Itu?

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA

BNPB meminta masyarakat supaya tidak terpancing dengan isu-isu yang belum dapat diverifikasi kebenarannya dan memperbarui informasi kebencanaan hanya melalui sumber dari instansi maupun lembaga terkait.

5 Orang Luka Berat Tertimpa Bangunan Akibat Gempa M 5,0 di Kabupaten Bandung

BNPB mengkonfirmasi laporan visual sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, gempa menyebabkan beberapa rumah warga di Kertasari, Kabupaten Bandung roboh pada bagian dinding, langit-langit, pagar dan kerusakan di bagian lain dengan kondisi rusak ringan hingga berat.

Menurut dia, sampai saat ini belum ada laporan signifikan mengenai jatuhnya korban jiwa. Perkembangan data dan informasi akan dilaporkan secara berkala pada waktu berikutnya. (Antara)

Gempa bumi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Waspada Megathrust, BPBD DKI Imbau Warga Siapkan 'Emergency Bag' dan Uang Tunai

BPBD DKI Jakarta mengimbau warga Jakarta selalu waspada dan menyiapkan diri terkait potensi terjadinya gempa bumi berkekuatan besar atau megathrust.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024