Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenag 2024: 319.255 Pelamar Lolos

Logo Kementerian Agama RI
Sumber :
  • Kemenag RI

Jakarta, VIVA – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2024. Pengumuman ini disampaikan melalui situs resmi Kemenag pada hari Selasa, 17 September 2024.

599 Ribu Pelamar CPNS 2024 Gagal Lolos Seleksi Administrasi

Dari sebanyak 411.194 pelamar yang mendaftar, ada 386.540 orang berhasil melakukan submit dokumen. Dari jumlah tersebut, 319.255 pelamar dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Para pelamar yang lolos seleksi administrasi dapat melihat pengumuman lengkapnya melalui laman resmi Kemenag di https://kemenag.go.id atau di akun masing-masing melalui https://sscasn.bkn.go.id.

450 Bus Kota Ramah Lansia Siap Layani Jemaah Haji Indonesia di 22 Rute Strategis

Pelamar yang Tidak Lolos dan Masa Sanggah

ilustrasi sebuah dokumen dalam folder

Photo :
  • freepik by rawpixel.com
Soal Pengadaan Layanan Haji 2024 di Arab Saudi, Kemenag Tegaskan Hal Ini

Sebanyak 67.285 pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat. Mereka juga bisa memeriksa hasilnya melalui akun masing-masing di laman SSCASN. Bagi pelamar yang tidak lulus, tersedia kesempatan untuk mengajukan sanggahan pada tanggal 18 - 20 September 2024.

Namun, masa sanggah bukan untuk memperbaiki dokumen yang sudah diunggah sebelumnya, melainkan hanya untuk memberikan penjelasan terkait hasil yang diterima. Proses verifikasi ulang akan dilakukan oleh panitia seleksi dan hasil sanggahan akan diumumkan pada 21 - 27 September 2024.

Tahap Seleksi Selanjutnya: SKD dan SKB

Ilustrasi peserta mengikuti tes CPNS.

Photo :
  • ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

Setelah masa sanggah selesai, pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berhak melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Bagi mereka yang sudah mengikuti CAT pada tahun 2023, ada opsi untuk menggunakan nilai tersebut dengan mencentang pilihan di akun SSCASN masing-masing.

Proses seleksi CPNS di Kemenag tidak dipungut biaya dan kelulusan sepenuhnya bergantung pada usaha dan prestasi pelamar. Selain itu, keputusan Panitia Seleksi CPNS Kemenag Tahun 2024 bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 

Dengan hasil seleksi ini, para pelamar yang lolos administrasi siap melanjutkan perjuangan mereka ke tahap selanjutnya untuk bisa menjadi bagian dari keluarga besar instansi Kementerian Agama RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya