Hujan Diprakirakan Landa Banda Aceh Sepekan ke Depan, Ini Penyebabnya

Ilustrasi hujan.
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

Aceh, VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh memprakirakan bahwa Banda Aceh dan Aceh Besar bakal dilanda hujan selama sepekan ke depan, mulai dini hari hingga pagi hari.

KPU Terima Berkas Pendaftaran Masinton Sebagai Bacabup Tapanuli Tengah

"Prakiraan cuaca Banda Aceh dan Aceh Besar umumnya cerah berawan, tetapi terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang pada dini hari-pagi hari," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Aceh Nofrida Handayani Sodik dilansir Antara, di Banda Aceh, Selasa, 17 September 2024.

Berdasarkan prakiraan BMKG, hari ini terjadi hujan ringan mulai pukul 04:00-22:00 WIB. Kemudian, Rabu, 18 September 2024 juga diprakirakan terjadi hujan ringan mulai pukul 04:00-13:00 WIB dan pada malam hari pukul 22:00 WIB.

Sambangi Sutiyoso, Dharma-Kun Diajak Keliling Museum Bang Yos

Hujan ringan diprakirakan akan terus terjadi pada Kamis, 19 September 2024 hingga Jumat, 20 September 2024. Selanjutnya, pada Sabtu, 21 September 2024 dan Minggu, 22 September 2024, cuaca diprakirakan berawan tebal.

Ilustrasi hujan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/kye.
Donald Trump Nyatakan Tak Suka Taylor Swift Usai Dukung Kamala Harris

Nofrida menjelaskan potensi hujan ringan itu terjadi sehubungan terpantau adanya gelombang Rossby di Sumatera bagian utara dan belokan angin (shearline) serta daerah konvergensi di wilayah Aceh. 

Selain itu, anomali suhu muka laut yang hangat di perairan utara dan barat Aceh juga dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa uap air. "Kondisi tersebut berpotensi terhadap peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Aceh," ujarnya. (Antara)

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

BMKG Sebut Gempa di Bandung Akibat Aktivitas Sesar Garsela, Apa Itu?

BMKG mengatakan gempa berkekuatan 5.0 skala richter yang mengguncang Bandung, Jawa Barat dan gempa susulan sebanyak 20 kali merupaka akibat dari aktivitas Sesar Garsela

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024