Nawawi Pomolango Wanti-wanti Pansel Tak Ceroboh Pilih Capim KPK: Jangan Semua Birokrat!

Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengingatkan kepada Tim Pansel Capim KPK agar tidak memilih orang-orang calon pimpinan KPK hanya dari unsur pemerintahan saja. Ia menekankan harus ada sosok perwakilan dari unsur masyarakat.

Heboh, Ratusan Orang Rela Antre hingga Baku Hantam Demi Beli Boneka Labubu

Pasalnya, kata Nawawi, hal itu juga sudah tertuang dalam pasal 43 Undang-undang 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) yang mengatur bahwa komisioner KPK harus terdiri dari unsur pemerintah dan masyarakat.

"Jangan sampai pansel memilih orang-orang pemerintahan semua tanpa ada unsur masyarakat," ujar Nawawi Pomolango kepada wartawan dikutip Senin 16 September 2024.

Kata Jokowi Soal Kaesang Datangi KPK: Semua Sama di Mata Hukum

Tim pansel Capim KPK dan Calon Dewas KPK

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Dalam pasal tersebut sudah jelas mengatur bahwa pimpinan KPK harus meliputi unsur dari masyarakat. Nawawi khawatir tim pansel Capim KPK justru belum membaca pasal tersebut.

KPK Sita Mobil Harun Masiku yang Terparkir Bertahun-tahun di Basement Apartemen

"Pasal ini penting untuk komposisi siapa capim nanti yang akan terpilih itu harus ada unsur pemerintah dan masyarakat. Meskipun tidak disebutkan berapa banyak unsur pemerintah berapa banyak unsur masyarakat," ucap Nawawi.

Sebelumnya, Tim Pansel Calon Pimpinan (Capim) KPK telah menyatakan ada 20 orang Capim KPK yang dinyatakan lolos tes tulis atau tes assesment. Namun, dari sejumlah nama-nama beken yang lolos tes tulis, tidak ada nama Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di daftar Capim KPK yang lolos.

"Yang dinyatakan lulus masing-masing untuk capim 20 orang dan dewas ada 20 calonnya," ujar Ketua Tim Pansel Muhammad Yusuf Ateh di Gedung Sekertariat Negara, Jakarta Pusat pada Rabu 11 September 2024.

Adapun sejumlah nama beken yang lolos tes tulis Capim KPK yakni diantaranya, Johan Budi selaku mantan Anggota DPR RI, Wakil Ketua KPK Johanis Tanak, Kapuspenkum Kejagung RI Harli Siregar, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, Komisioner Kompolnas Poengky Indarti dan Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana.

Selanjutnya, 20 orang Capim KPK yang dinyatakan lolos tes tulis akan melangsungkan tes kesehatan dan tes wawancara.

Adapun 20 orang Capim KPK yang dinyatakan lolos tes tulis diantaranya:

1. Agus Joko Pramono
2. Ahmad Alamsyah Saragih
3. Didik Agung Widjanarko
4. Djoko Poerwanto
5. Fitroh Rohcahyanto
6. Harli Siregar
7. I Nyoman Wara
8. Ibnu Basuki Widodo
9. Budhiati
10. Johan Budi Sapto Pribowo
11. Johanis Tanak
12. Michael Rolandi Cesnanta Brata
13. Muhammad Yusuf
14. Nainggolan
15. Poengky Indarti
16. Sang Made Mahendrajaya
17. Setyo Budiyanto
18. Sugeng Purnomo
19. Wawan Wardiana
20. Yanuar Nugroho

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya