Ridwan Kamil-Suswono Ditargetkan Menang Satu Putaran di Pilkada Jakarta

Ridwan Kamil-Suswono, Cagub-Wagub Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA — Dukungan semakin kuat mengalir untuk pasangan Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) dalam Pilkada 2024, dengan Barisan Pemuda Jakarta (Bapera) secara resmi mendeklarasikan dukungan penuh mereka. 

Bawaslu Akui Tak Bisa Tindak Bakal Calon Kepala Daerah Bagi Sembako sebelum Kampanye

Ketua Dewan Pertimbangan DPD Bapera, Ahmad Riza Patria, memberikan arahan kepada seluruh jajaran Bapera untuk bekerja keras demi memastikan kemenangan RIDO dalam satu putaran.

"Kita punya tantangan besar karena di Jakarta, undang-undangnya masih 50 persen plus satu. Pilkada serentak di Indonesia hanya menuntut suara terbanyak, tetapi khusus di DKI Jakarta, kita butuh minimal 50 persen plus satu. Saat ini ada tiga pasangan yang maju, jadi kita harus berjuang keras agar RIDO menang dalam satu putaran," ujar Riza saat memberikan sambutan di Rakerda Bapera Jakarta yang digelar di Tavia Heritage, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (15/9/2024).

Bawaslu Siapkan Rancangan Peraturan Pilkada Ulang Bila Kotak Kosong Menang

Ketua Dewan Pertimbangan DPD Bapera, Ahmad Riza Patria, memberikan arahan kepada seluruh jajaran Bapera untuk bekerja keras demi memastikan kemenangan RIDO dalam satu putaran.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Riza juga menekankan agar para pendukung RIDO tetap rendah hati meski mereka telah mendapatkan dukungan dari mayoritas partai politik di Jakarta. 

Hoaks Politik Jelang Pilkada Paling Banyak di TikTok, Menurut Mafindo

Ia mengingatkan bahwa kemenangan tidak akan datang tanpa usaha serius dalam mensosialisasikan pasangan ini kepada masyarakat.

"Kita tidak boleh jumawa, sekalipun didukung oleh 15 partai politik. Kita harus serius dan mengerahkan semua potensi yang ada," tegas Riza. 

"Mulai hari ini, saya minta Bapera untuk mendata, menemui, dan berdiskusi dengan masyarakat demi memenangkan RIDO." ujarnya.

Dengan semangat itu, ia memberikan arahan langsung kepada anggota Bapera untuk bergerak cepat di lapangan. "Siap?" tanyanya kepada anggota yang serentak menjawab, "Siap!"

Riza juga menyoroti sifat masyarakat Jakarta yang dinilai kritis dan memiliki ekspektasi tinggi terhadap para pemimpin mereka. 

Ia menjelaskan bahwa meskipun Jakarta memiliki anggaran yang cukup besar, yakni Rp 83 triliun, tantangan kota metropolitan ini sangat kompleks, mulai dari kebutuhan infrastruktur hingga interaksi sosial yang dinamis.

"Harapan warga Jakarta ini tinggi. Meskipun anggaran besar dan masyarakatnya maju, ekspektasi mereka tetap lebih besar dibandingkan provinsi lain," ungkap Riza, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta.

Ia meyakini bahwa pengalaman Ridwan Kamil sebagai pemimpin akan menjawab tantangan besar tersebut. "Pengalaman Bang Emil luar biasa. Setelah bertemu dengannya, saya yakin masyarakat akan senang dan kagum. Pasangan RIDO pasti akan mendapatkan kepercayaan masyarakat," tambahnya.

Pada acara deklarasi dukungan yang digelar di Tavia Heritage, selain dihadiri langsung oleh Ridwan Kamil dan Suswono, hadir juga beberapa tokoh penting, termasuk Ketua DPD Gerindra Jakarta, Ahmad Riza Patria, dan Ketua DPD Bapera Jakarta, Basri Baco. Dalam deklarasi tersebut, Basri Baco memimpin pembacaan dukungan penuh dari Bapera Jakarta kepada pasangan RIDO.

"Kami Bapera DKI Jakarta siap mendukung dan memenangkan pasangan RIDO pada Pilkada Jakarta 2024," tegas Basri saat membacakan deklarasi.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa Bapera akan aktif menggerakkan seluruh anggota dan simpatisan dari tingkat provinsi hingga kelurahan untuk mensosialisasikan visi, misi, serta program kerja pasangan RIDO menjelang Pilkada. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya