Sumber Ledakan di Pasar Comboran Malang Diduga dari 11 Mobil Warga yang Ikut Terbakar

11 mobil hangus dalam kebakaran Pasar Comboran. (Dok Polsek Klojen)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Malang, VIVA – Kapolsek Klojen, Polresta Malang Kota, Kompol Syabain, mengungkapkan api dalam kebakaran Pasar Comboran Barat baru terkendali sekira pukul 21.30 WIB, Jumat, 13 September 2024. Proses pendinginan dilakukan untuk memastikan bara api benar-benar telah padam. 

KPK Sita Mobil Harun Masiku yang Terparkir Bertahun-tahun di Basement Apartemen

"Kami tidak bisa memastikan padam karena masih proses pendinginan. Namun, yang jelas 21.30 WIB api sudah terkendali. Personel PMK sudah ditarik namun masih disiagakan satu unit di lokasi," kata Syabain. 

Kebakaran terjadi di Pasar Comboran, Kota Malang

Photo :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)
VW Kucurkan Rp67 Triliun untuk PHK Karyawan, Kalah Saing dengan Mobil China?

Dalam kebakaran ini sempat terdengar bunyi ledakan. Diketahui di Pasar Comboran Barat ada lapak baju bekas, lapak buah pisang dan kelapa. Lantai 3 pasar tersebut juga digunakan untuk penitipan parkir mobil warga. 

Syabain yang datang meninjau lokasi kebakaran langsung melihat lantai 2 maupun lantai 3 saat api mulai terkendali. Hasil pengamatan di lokasi termasuk laporan petugas di lapangan ada 13 mobil yang terparkir. Dimana 11 mobil hangus terbakar dan 2 berhasil dievakuasi. 

9 Tewas dan Ribuan Terluka dalam Ledakan Massal Penyeranta di Lebanon, Diduga Diretas Israel

"Ada 13 mobil terparkir. 10 hangus terbakar. 1 terbakar meleleh bagian depan. Ada 2 mobil yang berhasil diturunkan (dievakuasi)," ujar Syabain. 

Syabain meminta masyarakat untuk tidak nekat masuk ke Pasar Comboran Barat meski api sudah terkendali. Polisi kini langsung memasang garis polisi agar warga tidak nekat masuk. Sebab, bara api masih panas dan dikhawatirkan kembali memunculkan api. 

"Masyarakat jangan masuk dulu karena sisa-sisa kebakaran masih bisa jadi api karena bara itu kan panas. Jadi jangan nekat dulu," tutur Syabain. 

Sementara salah satu pedagang, Andre, membenarkan sempat terdengar beberapa kali ledakan di Pasar Comboran. Dia menduga ledakan itu berasal dari mobil warga yang terparkir di lantai 2 maupun lantai 3. Sebab, selama ini Pasar Comboran sisi barat juga dimanfaatkan untuk penitipan mobil.

"Lantai 3 itu ada parkiran mobil. Parkiran umum milik warga. Tadi sempat terdengar ledakan sepertinya itu mobil. Karena ada 13 mobil yang terparkir," ujar Andre. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya