PIK 2 Tangerang Masuk PSN, Sandiaga: Arahan Kabinet untuk Dilanjutkan

Aloha Pantai Pasir Putih, salah satu lokasi wisata di PIK 2, Kosambi, Tangerang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang, VIVA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyebutkan, wilayah Tangerang masuk dalam pembahasan program keberlanjutan pada sidang kabinet paripurna terakhir pemerintahan Joko Widodo, yang digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Anindya Bakrie Jadi Ketum Kadin, Sektor Pariwisata Diyakini Bertumbuh Cepat

Dalam pembahasan itu, Tangerang masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN), terkait pengembangan wilayah Pantai Indah Kosambi atau PIK 2, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

"Tangerang kan kita lihat luar biasa ya, dengan satu proyek strategis nasional yang tadi juga mendapat arahan dari kabinet untuk dilanjutkan dengan penyesuaian, yaitu proyek strategis nasional PIK 2 yang ada di Tangerang. Di mana letak PIK 2 sangat dekat dengan bandara," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat, 13 September 2024.

Menparekraf Sandiaga Uno.

Photo :
  • VIVA/Sumiyati.
Tingkatkan Potensi Pariwisata di Bangkep, Anwar Hafid Golkan Rp56 Miliar Bangun Pelabuhan Salakan

Hal ini menjadikan motor lokomotif pembangunan pariwisata ke depan, dengan target kunjungan wisatawan 20 juta tambahan dan 10 juta lapangan kerja baru

"Tentunya ini akan jadi motor lokomotif pembangunan pariwisata ke depan dengan target kunjungan wisatawan 20 juta tambahan dan 10 juta lapangan kerja baru. Yang mana, angka ini untuk proses PSN pariwisata dan itu kebetulan yang terus berlanjut adalah yang di PIK 2," ujarnya.

Tidak hanya PIK 2, untuk sektor wisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga merekomendasikan 5 destinasi super prioritas.

"Kami merekomendasikan untuk dilanjutkan, diselesaikan dari segi aspek infrastruktur semua sudah di atas 80 persen, malah ada yang sudah selesai, tapi ada juga aspek sustainability keberlanjutan dan kualitasnya peningkatan SDM," ujarnya.

Lanjut dia, hasil awal yang sangat menjanjikan di Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang. Di mana, untuk Likupang mencatat pertumbuhan pengunjung paling tinggi.

Kemudian, selain 5 destinasi prioritas, pihaknya akan melanjutkan program desa wisata dengan menyentuh 17 poin dari sustainable development goals.

"Kita ada juga program desa wisata. Selain itu ada juga dari sistem ekonomi kreatif seperti peningkatan nilai tambah, ekspor akses pembiayaan para pelaku ekonomi kreatif yang fokus pada penciptaan lapangan pekerjaan, dan juga peningkatan kesejahteraan para pelaku ekonomi kreatif di seluruh pelosok Nusantara," ujarnya.

MotoGP Indonesia 2024, Kemenparekraf Pastikan Dukung di Sisi Promosi

Sandiaga Uno.

Hadiri Malam Puncak AKI 2024, Sandiaga Uno: Ajang untuk Berdayakan Generasi Kreatif Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, malam puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), jadi ajang untuk memberdayakan generasi kreatif Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024