Sandiaga Sebut Jokowi Titipkan Program Keberlanjutan Kemenparekraf ke Pemerintahan Prabowo

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno di Terminal 1 Bandara Soetta, Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang, VIVA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memaparkan, ada sejumlah hal yang dititipkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang kabinet paripurna terakhir pemerintahan Jokowi.

Presiden Jokowi Direncanakan Hadir di Closing Ceremony PON 2024 di Sumatera Utara

Salah satunya mengenai program keberlanjutan yang telah dikerjakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) baik dalam hal pembangunan infrastruktur, hilirisasi, juga program yang bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi, tadi dalam rapat kabinet, sidang paripurna terakhir di pemerintahan pak Jokowi, beliau mendengarkan laporan akhir mengenai capaian dan juga beberapa isu yang akan diselesaikan dan akan juga pending matters atau beberapa program yang akan diteruskan di pemerintahan selanjutnya, karena pak Prabowo ini mengusung konsep keberlanjutan,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga Uno

Photo :
  • VIVA/Rahmat Ilham
Hadiri Malam Puncak AKI 2024, Sandiaga Uno: Ajang untuk Berdayakan Generasi Kreatif Indonesia

"Yang mana ditindaklanjuti soal pembangunan infrastruktur, hilirisasi, juga program yang bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja meningkatkan untuk kesejahteraan masyarakat," katanya saat tiba di Terminal 1, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat, 13 September 2024.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga merekomendasikan beberapa program keberlanjutan yang diterapkan dalam pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Salah satunya soal lima destinasi super prioritas.

"Kami merekomendasikan lima destinasi super prioritas untuk dilanjutkan. Diselesaikan dari segi aspek infrastruktur semua sudah di atas 80 persen, malah ada yang sudah selesai, tapi ada juga aspek sustainability keberlanjutan dan kualitasnya peningkatan SDM," ujarnya.

Khusus pada sektor pariwisata, Sandiaga menjelaskan bila di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi terjadi lonjakan yang sangat signifikan, dari sebelum pandemik.

"10 tahun di bawah pemerintahan Jokowi kita naik dari posisi di luar 50 besar sekarang mendekati 20 besar, posisi pariwisata kita semakin berkualitas dan partisipasi publik semakin tinggi, kecintaan pada pariwisata sangat tinggi terutama dari Gen Z dan milenials,” ujarnya..

“Sehingga isu apapun itu naik di sosial media, maupun di media mainstream itu selalu pak Jokowi minta kita menanggapinya dengan cepat, menyampaikan fakta apa yang pemerintah kita lakukan, dan policy kita, kebijakan kita pariwisata ini juga adalah kepada semua pihak untuk berpartisipasi," kata Sandiaga menambahkan.

Sandiaga mengatakan, "Makanya, jangan sampai yang sudah 10 tahun ini di penghujung narasinya, malah jadi tidak tersampaikan. Narasi capaian positif kita, jadi pak Jokowi minta ini disampaikan dan dipastikan publik mendapatkan informasi akurat.”

Anindya Bakrie Jadi Ketum Kadin, Sektor Pariwisata Diyakini Bertumbuh Cepat
Presiden Jokowi meresmikan Kawasan Indonesia Islamic Financial Center

Resmikan Islamic Financial Center, Jokowi Jelaskan Efeknya ke Ekonomi Syariah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kawasan Indonesia Islamic Financial Center di Menara Danareksa, Jakarta Pusat pada Selasa, 17 September 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024