Jokowi Sebut 493 Bidang Tanah Seluas 2-4 Hektare di IKN Siap Ditawarkan ke Investor

Presiden Jokowi, Menteri PUPR Basuki, dan Menteri Perdagangan Zulfikli Hasan
Sumber :
  • Kementerian PUPR

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ada 493 bidang tanah seluas 2 hingga 4 hektare di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang siap ditawarkan kepada investor baru.

President Jokowi Promises Thorough Evaluation of PON XXI 2024

Jokowi mendapat laporan dari Plt. Kepala Otorita (OIKN) Basuki Hadimuljono dan Plt. Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni.

"Tadi pagi saya dilapori oleh Kepala OIKN dan Waka OIKN, ada sudah disiapkan 493 bidang (tanah) seluas 2 - 3 hektare yang akan kita launching untuk bisa investasi masuk lagi, sampai 2 hektare, 3 hektare, sampai 4 hektare," kata Jokowi dalam sambutannya di acara Peresmian Hotel Nusantara Swissotel dan Groundbreaking Mall Duty Free di IKN, Jumat, 13 September 2024.

Alasan Jokowi Belum Teken Keppres Pemindahan IKN: Tunggu Semuanya Siap

Melihat Lebih Dekat Wajah Ibu Kota Nusantara (IKN)

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Jokowi menegaskan, ingin memberikan peluang sebanyak-banyaknya kepada investor swasta. Ia mempersilakan tanah tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Kata Jokowi Soal Kaesang Datangi KPK: Semua Sama di Mata Hukum

"Saya sekali lagi ingin memberikan peluang sebanyak-banyaknya kepada investasi swasta. Terserah mau mix used, kantor, tapi tergantung plot. Misalnya perdagangan ya perdagangan, kalau untuk hotel ya hotel, untuk kantor ya kantor," kata Jokowi.

Ratusan bidang tanah itu, kata Jokowi, akan diluncurkan dan ditawarkan kepada para investor mulai pekan depan. "Minggu depan akan kami buka lagi sehingga bisa investasi baru masuk. Kalau 493 nggak sanggup, saya kasih konsorsium lagi," ujarnya.

Ratusan masyarakat berkunjung ke IKN setiap hari

Warga Berbondong-bondong Penasaran Mau Lihat IKN Nusantara

Sejak dibuka untuk umum, jumlah kunjungan ke Plasa Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa Ibu Kota Nusantara (IKN), di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur membludak setiap ha

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024