AHY Sidang Disertasi Doktor di Unair Diuji Eks Menteri SBY, Dapat Nilai A Plus

AHY saat menjalani ujian disertasi doktoralnya di Unair
Sumber :
  • Dok AHY

Jakarta, VIVA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil mendapatkan nilai A plus dalam disertasinya pada sidang program doktoral pada Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya, Kamis. 12 September 2024.

AHY: Sidang Kabinet di IKN Bahas Transisi Kepemimpinan

AHY pun menyampaikan rasa syukurnya karena telah berhasil menuntaskan ujian tertutup, setelah melewati berbagai tahapan sejak 2021. 

"Saya bersyukur siang tadi telah menuntaskan ujian tertutup di Sekolah Pascasarjana, Program Doktoral Pengembangan Sumber Daya Manusia, di Universitas Airlangga. Setelah melewati berbagai tahapan sejak 2021, saya diterima sebagai mahasiswa, dan terus menyempurnakan penelitian disertasi yang kami tulis," ujar AHY lewat Instagramnya @agusyudhoyono Kamis, 12 September 2024.

Sidang Kabinet di IKN Juga Bahas Transisi Kepemimpinan dari Jokowi ke Prabowo Subianto

AHY bersama profesor tim penguji disertasi doktoralnya di Unair

Photo :
  • Dok AHY

Untuk disertasi AHY ini berjudul 'Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia Kunci Sukses Menuju Indonesia Emas 2045'.

Begini Respons AHY soal Peluang jadi Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

"Niat dan tujuan penulisan disertasi dan penelitian tentang kepemimpinan transformasional dan orkestrasi sumber daya manusia menuju Indonesia Emas 2045 ini memang benar-benar dilatarbelakangi, didorong oleh semangat kita semua yang mungkin representasinya saat ini adalah saya yang menulis, tapi ini adalah semangat seluruh kalangan di Indonesia," jelasnya.

Ketua Umum Partai Demokrat ini juga berharap, apa yang ia tuangkan dalam disertasinya dapat memberi manfaat baik di bidang akademis maupun kebijakan publik di masa mendatang. Tujuan akhirnya, untuk mencapai cita-cita terwujudnya Indonesia Emas 2045.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Dewan Penguji. Ini merupakan bagian yang benar-benar saya syukuri dalam perjalanan kehidupan saya," terangnya.

Adapun disertasi AHY ini diuji oleh delapan orang Dewan Penguji diantaranya Profesor Rudi Purwono, Profesor Fendy Suhariadi, Profesor Badri Munir Sukoco, Profesor Sri Pantja Madyawati, 

Kemudian Profesor Suparto Wijoyo, Profesor Bambang Tjahjadi, Profesor Mohammad Nuh yang juga merupakan Mantan Menteri Pendidikan era SBY, serta Nuri Herachwati.

Salah satu tim penguji yang juga Wakil Direktur Pascasarjana Unair, Prof Rudi Purwono mengapresiasi pencapaian Agus Harimurti Yudhoyono dalam mempertahankan disertasinya tentang kepemimpinan transformasional dan orkestrasi sumber daya manusia menuju Indonesia Emas 2045 pada program Doktoral Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga.

"Bahwa nilai dari ujian doktor tertutup saudara Agus Harimurti Yudhoyono kita nyatakan dengan nilai A ada plusnya gitu ya," kata Prof Rudi disambut tepuk tangan para hadirin yang hadir secara terbatas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya