Kumpulkan Pejabat TNI-Polri di IKN, Jokowi: Ini Kota Masa Depan

Presiden Jokowi di IKN.
Sumber :
  • Antara.

Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan mengumpulkan jajaran TNI-Polri di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis, 12 September 2024. Ia ingin anggota TNI-Polri melihat progres kota masa depan.

Jokowi Akan Pulang ke Solo Usai Pelantikan Prabowo 20 Oktober

"Kenapa saya mengajak untuk pertemuannya di IKN, yang pertama memang saya ingin saudara-saudara sekalian melihat IKN. Melihat progres kota masa depan itu seperti apa," ujar Jokowi saat memberikan arahan khusus kepada seluruh anggota TNI-Polri di Penajam Paser Utara, IKN, Kalimantan Timur.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Juli 2024 (sumber: tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
Kata Kapolri Soal Adanya Dugaan Penyelewengan di Acara PON XXI Aceh-Sumut

Selain itu, Jokowi juga ingin menunjukkan kepada jajaran TNI-Polri semangat kota transformasi yang dapat dibawa ke daerahnya masing-masing.

"Melihat semangat transformasi itu seperti apa. Agar apa? Agar semangat transformasi yang ada itu bisa bapak ibu bawa pulang ke daerah, ke wilayah untuk dikembangkan ke daerah masing-masing," kata dia.

Ini Arahan Jokowi Saat Ngumpulin Pejabat TNI dan Polri di IKN

Jokowi menilai IKN merupakan sebuah kemajuan tata kota untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Dimulai dari kewajiban gedung yang harus dibangun secara ramah lingkungan dengan prinsip green building, hingga penggunaan energi hijau untuk sehari-hari.

"Baik di sini gedung harus green building. Transportasinya, mesti transportasi hijau. Pemakaian listrik harus energi hijau. Itu lah masa depan dunia, semua dunia menuju ke sana semuanya. Kita pengin menuju ke sana dan kita dahului yang lain," kata Jokowi.

Menurut dia, setiap pemimpin pasti memiliki cita-cita besar yang ingin diraih. Sementara, Jokowi mau menjadikan Indonesia sentris.

"Dan kita tahu setiap pemimpin pasti memiliki cita-cita, pasti memiliki visi, pasti memiliki mimpi besar yang ingin diraih. Misalnya, mewujudkan pembangunan Indonesia sentris. Dalam rangka pemerataan yang berkeadilan," imbuhnya.

Dok. Istimewa

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta maaf di hadapan seluruh personel, khususnya pejabat TNI dan Polri seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024