Alasan Jokowi Kumpulkan Pejabat TNI-Polri di IKN: Mau Lihat Aslinya Langsung

Presiden Jokowi di IKN.
Sumber :
  • Antara.

Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita mengapa mengumpulkan para petinggi Polri dan TNI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Kamis, 12 September 2024. 

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Jokowi mengaku mendapat permintaan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto yang ingin mengumpulkan seluruh Kapolda, Pangdam, Danrem, Kapolres dan Dandim di IKN.

"Tiga minggu yang lalu Panglima TNI dan Kapolri menyampaikan, Pak, kami ingin mengumpulkan Pangdam, Kapolda, Danrem, Dandim dan Kapolres dari seluruh Tanah Air. Saya sampaikan, saya tanya, di Jakarta? Ndak Pak, kalau bisa di IKN," kata Jokowi saat memberikan arahan khusus kepada seluruh anggota TNI-Polri di Penajam Paser Utara, IKN, Kalimantan Timur pada Kamis, 12 September 2024.

Jokowi Akan Pulang ke Solo Usai Pelantikan Prabowo 20 Oktober

Presiden Jokowi Mulai Kerja Perdana di Kantor Presiden IKN Nusantara

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Lalu, Jokowi menyampaikan bahwa banyak anggota Polri dan TNI yang belum bisa melihat IKN secara langsung, melainkan hanya menyaksikan di tayangan televisi dan Youtube.

Kata Kapolri Soal Adanya Dugaan Penyelewengan di Acara PON XXI Aceh-Sumut

"Kenapa harus di IKN? Karena anu Pak, banyak yang belum tahu IKN. Hanya lihat di TV, di Youtube, di video. Pengen lihat aslinya seperti apa," ujar Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi mengaku pembangunan IKN belum sepenuhnya selesai. Kepala Negara itu mengatakan bahwa pembangunan IKN akan selesai dalam waktu 10 hingga 20 tahun mendatang.

"IKN ini belum jadi, masih dalam proses pembangunan. Mungkin butuh waktu 10, 15, bahkan 20 tahun," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan Presiden terpilih 2024, Prabowo Subianto berjanji akan melanjutkan dan mempercepat pembangunan IKN.

"Meskipun saya yakini Pak Presiden terpilih (Prabowo Subianto) pernah sampaikan kepada saya, akan saya percepat Pak," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), pada Kamis, 12 September 2024. Rencananya, Jokowi akan memberikan pengarahan kepada Pimpinan TNI dan Polri di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. 

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jokowi akan langsung menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

"Hari ini, Presiden Jokowi akan kembali berkantor di IKN. Presiden diagendakan untuk melakukan pertemuan dan memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI dan Polri Tahun 2024 di Ruang Nusantara, Istana Negara, IKN," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya